Berbahayakah Jika Kita Tidur Semalaman Menyalakan AC?

DokterSehat.Com– Karena kita tinggal di negara dengan cuaca yang cenderung panas meskipun di malam hari. Banyak orang yang sengaja menyalakan AC di kamar tidur dengan tujuan membuat suhu udara menjadi lebih dingin dan membuat kita tidur dengan lebih nyaman. Sebenarnya, apakah tidak apa-apa jika kita menyalakan AC semalaman saat tidur?



Bangun dengan rasa lelah
Pakar kesehatan menyebutkan bahwa jika kita terbiasa tidur dengan AC semalaman, maka saat bangun pagi kita akan cenderung mengalami sensasi lelah dan kurang bugar. Hal ini disebabkan oleh di siang hari kita juga beraktifitas di dalam ruangan ber-AC dan di malam hari juga berada di ruangan yang udaranya disuplai oleh peralatan elektronik tersebut. Hal ini berarti, seharian penuh kita menghirup udara yang tidak segar sehingga membuat kita tidak mendapatkan pasokan oksigen yang cukup yang memicu rasa lelah dengan berlebihan.

Gangguan pernafasan
Jika kita menggunakan AC namun malas membersihkannya, maka udara yang keluar dari AC sangat kotor dan penuh dengan jamur dan bakteri yang bisa memicu gangguan pernafasan.

Menyebabkan sakit kepala atau sakit punggung
Sebagian orang tidur dengan AC menyala semalaman mudah mengalami sakit kepala atau sakit punggung. Hal ini disebabkan oleh suhu udara yang bisa memicu rasa nyeri pada persendian atau otot.

Mengalami kulit kering
Berada di ruangan ber-AC berarti kita berada di dalam ruangan dengan kelembaban yang sangat rendah. Hal ini akan membuat kita mengalami masalah kulit kering. Yang menjadi masalah adalah, saat tidur, kita tidak mengkonsumsi air putih dalam waktu yang lama sehingga cairan tubuh semakin menurun dan membuat masalah kulit kering ini menjadi semakin parah.

Baca Juga:  Mana yang Lebih Baik? Memakai AC atau Kipas Angin Saat Cuaca Panas?

Melihat adanya fakta ini, jika memang suhu udara tidak terlalu panas, ada baiknya kita tidak menyalakan AC saat tidur semalaman ya?