Berbahayakah Jika Kita Tetap Memakai Make-Up Saat Berolahraga?

DokterSehat.Com– Agar tetap mendapatkan penampilan yang cantik, cukup banyak wanita yang tetap memakai make-up saat berolahraga. Jika tidak memakainya, mereka mengaku kurang percaya diri sehingga akhirnya tidak bisa benar-benar fokus dalam melakukan berbagai latihan fisik. Sebenarnya, tetap memakai make-up saat berolahraga itu berbahaya atau tidak sih bagi kesehatan?

doktersehat-olahraga-senam

Menyebabkan komedo
Berolahraga akan membuat kita banyak memproduksi keringat. Hal ini tentu akan membuat pori-pori kulit terbuka lebar. Jika kulit wajah masih dipenuhi oleh make-up, maka partikel bahan make-up ini bisa memasuki pori-pori wajah dan akhirnya menyebabkan masalah komedo.

Kulit tidak bisa bernafas dengan baik
Kulit wajah yang berkeringat akan membuat pori-pori terbuka dengan tujuan melancarkan sirkulasi udara dengan lebih baik. Adanya make-up tentu akan menghalangi sirkulasi udara tersebut sehingga kulit wajah akan lebih beresiko terkena iritasi atau jerawat.

Berbahaya bagi mata
Banyaknya keringat yang diproduksi saat berolahraga, khususnya pada wajah, akan membuat air keringat mengalir hingga ke mata. Jika kita memakai make-up seperti eye liner, dikhawatirkan bahan kimia dari make-up ini akan masuk ke dalam mata. Meskipun eye liner ini sudah berlabel water proof, tetap saja bahan kimianya bisa terbawa keringat dan akhirnya masuk ke mata.

Memicu peradangan
Keringat yang tercampur dengan bahan kimia kosmetik ternyata bisa memicu peradangan pada kulit. Apalagi jika bahan kosmetik ini juga mengandung bahan pewangi.

Melihat adanya fakta ini, ada baiknya memang kita tidak memakai peralatan make-up sebelum melakukan olahraga demi mencegah datangnya berbagai masalah kulit tersebut. Tak hanya itu, ada baiknya kita juga tidak menggunakan produk pembersih wajah, khususnya yang memakai bahan pewangi sebelum melakukan latihan fisik.