Berbahayakah Jika Kita Terlalu Banyak Makan Buah?

DokterSehat.Com– Buah termasuk dalam makanan sehat yang sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi setiap hari. Namun, sebuah pertanyaan pun muncul. Berbahayakah jika kita mengkonsumsi buah terlalu banyak?

doktersehat-buah-sehat

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa sebagaimana saat mengkonsumsi makanan lainnya, mengkonsumsi buah ternyata juga sebaiknya dibatasi. Jika kita mengkonsumsinya dengan berlebihan, maka bisa jadi hal ini akan memberikan dampak negatif bagi kesehatan tubuh.

Buah memang kaya akan kandungan serat yang sangat baik bagi saluran pencernaan sekaligus sistem metabolisme tubuh. Namun, jika kita mengkonsumsi serat terlalu banyak, sistem pencernaan juga akan terganggu. Fakta ini didapatkan dari sebuah penelitian yang dilakukan di Columbia University. Dalam penelitian ini, disebutkan bahwa asupan serat yang berlebihan justru akan membuat tubuh kekurangan nutrisi. Hal ini disebabkan oleh perut yang dipenuhi oleh serat sehingga tidak mampu menyerap nutrisi asupan lainnya dengan maksimal. Tak hanya itu, hal ini juga bisa memicu perut kembung, perut kram, dan diare.

Tak hanya kaya akan serat, banyak buah yang memiliki kandungan gula alami bernama fruktosa yang membuatnya terasa manis. Yang menjadi masalah adalah, meskipun memiliki label “alami”, tetap saja kita harus menjaga asupan fruktosa ini karena jika berlebihan, maka kita bisa meningkatkan kadar gula dalam darah yang akhirnya bisa berujung pada meningkatnya resiko terkena diabetes. Selain itu, fruktosa yang berlebihan akan membuat organ hati mengubah kelebihan kadar gula dalam tubuh menjadi trigliserida, semacam lemak dalam darah yang sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Pakar kesehatan sendiri lebih merekomendasikan asupan buah maksimal dua hingga tiga porsi dalam sehari dengan jenis buah yang beragam. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia sendiri menyarankan orang dewasa untuk mengkonsumsi 400 hingga 600 gram sayuran dan buah. Sementara itu, anak-anak disarankan untuk mengkonsumsi 300 hingga 400 gram. Dari rekomendasi asupan tersebut, sebaiknya lebih didominasi oleh sayur alih-alih buah.