Berbahayakah Jika Kita Menelan Ingus?

DokterSehat.Com– Saat terkena pilek, kadangkala kita tidak mampu mengeluarkan ingus keluar dari hidung sehingga terpaksa harus menelannya agar hidung tidak terlalu mampet. Sebenarnya, apakah kebiasaan menelan ingus ini berbahaya bagi kesehatan?

doktersehat-hidung-muka-sindrom-kallmann

Pakar kesehatan dr. Linda Herliana, SpTHT-KL, Mkes yang berasal dari Rumah Sakit Permata Depok menyebutkan bahwa ingus sebenarnya lebih baik dibuang alih-alih ditelan. Hanya saja, cara membuang ingus memang harus kita perhatikan.

Menurut beliau, membuang ingus memang tidak bisa dilakukan dengan sembarangan karena jika kita melakukannya dengan terlalu kuat karena hidung sangat mampet, bisa jadi area telinga atau wajah akan menjadi tidak nyaman dan merasa nyeri. Beliau sendiri lebih merekomendasikan kita untuk membuang ingus dari hidung secara pelan-pelan. Selain itu, jangan buang ingus dari dua hidung sekaligus dan lakukan secara bergantian satu demi satu.

Jika kita membuang ingus terlalu kuat, dr. Linda menyebutkan bahwa hal ini dikhawatirkan bisa meningkatkan resiko sinusitis atau otitis media. Hal ini disebabkan oleh meningkatnya tekanan pada bagian dalam rongga hidung dengan signifikan, jauh lebih kuat dari saat bersin atau batuk-batuk.

Jika kita tidak sengaja menelan ingus namun masih sempat diludahkan, segera ludahkan saja. Hanya saja, jika memang ingus ini sudah terlanjur tertelan, hal ini tidak akan memicu masalah kesehatan, termasuk pada saluran pencernaan.