Berbahayakah Jika Kita Banyak Mengkonsumsi Minuman Ringan?

DokterSehat.Com – Seiring dengan perkembangan teknologi, kita menemukan banyak sekali bahan makanan dan minuman yang bisa kita konsumsi setiap saat. Untuk mendapatkan makanan pun, kini kita bisa mendapatkan makanan instan dan makanan cepat saji yang mudah dan cepat untuk dibuat. Dalam perjalanan, kita juga bisa mendapatkan minuman ringan atau minuman botolan di mini market dengan mudah. Kita tentu tidak perlu repot-repot memasak makanan dan minuman dalam jangka waktu lama untuk berbagai kebutuhan, namun, apakah mengkonsumsi makanan dan minuman tersebut berbahaya bagi kesehatan tubuh?



Minuman ringan atau minuman botolan yang dingin layaknya teh botol tentu saja akan sangat segar jika dikonsumsi di siang nan panas dan terik. Disamping mengurangi dahaga, minuman ringan ini bisa membuat badan kembali segar dan kita kembali dapat melakukan berbagai aktifitas. Dibalik kesegaran minuman ringan ini, ternyata kita bisa mendapatkan masalah kesehatan, khususnya jika kita mengkonsumsinya terlalu sering atau terlalu banyak.

Minuman ringan dan minuman botolan biasanya memiliki kadar gula yang cukup tinggi, disamping itu, kita juga harus memperhatikan seberapa banyak zat pengawet dalam minuman tersebut yang tentu saja kurang baik bagi kondisi kesehatan tubuh. Banyak sekali studi yang menunjukkan bahwa jika kita rutin mengkonsumsi minuman ringan setiap harinya, maka kita akan mendapatkan resiko lebih besar untuk mengalami kegemukan atau obesitas. Kadar gula atau soda yang berlebihan juga dapat menyebabkan kerusakan pada gigi dan juga berpotensi membuat tulang menjadi kurang padat. Disamping itu, resiko untuk mendapatkan diabetes, kanker, atau bahkan penyakit jantung juga meningkat tajam.

Disamping minuman ringan dan minuman botolan, kita juga harus mewaspadai minuman olahraga atau penambah stamina yang ternyata juga memiliki kadar gula yang akan kurang baik bagi kesehatan tubuh. Jika anda bepergian, ada baiknya anda membawa botol air minum yang telah anda isi dengan air putih sehingga anda bisa tetap mengilangkan dahaga tanpa harus mengorbankan kesehatan tubuh anda.