Berbahayakah Jika Keringat Sampai Masuk ke Mata?

DokterSehat.Com– Saat kita berolahraga atau melakukan aktifitas fisik lainnya, keringat pasti akan bercucuran dari tubuh, termasuk dari kepala. Kadangkala, keringat ini jumlahnya sangat banyak sehingga akhirnya bisa masuk ke mata. Tak hanya membuat rasa perih, kadangkala penglihatan kita menjadi terganggu akibat dari keringat ini. Sebenarnya, apakah berbahaya jika sampai keringat masuk ke mata?

doktersehat-dehidrasi-keringat

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa di dalam keringat terdapat kandungan elektrolit yang mirip dengan kandungan garam. Karena alasan inilah jika kita menjilat keringat, maka kita akan merasakan sensasi asin. Hanya saja, produksi keringat saat berolahraga ternyata berbeda dengan saat kita melakukan aktifitas lainnya. Biasanya, keringat ini akan lebih banyak karena di dalam tubuh juga sedang terjadi proses pembakaran kalori saat berolahraga.

Banyaknya keringat yang diproduksi ini memang akan memungkinkan untuk masuk ke dalam mata. Untungnya, meskipun bisa memberikan sensasi perih, keringat ini hanya akan memicu iritasi pada mata, bukannya akan menyebabkan gangguan kesehatan yang jauh lebih serius.

Mengingat rasa perih ini juga akan disertai dengan terganggunya pandangan selama beberapa waktu, ada baiknya memang kita mencegah agar keringat tidak sampai masuk ke dalam mata. Hal ini berarti, bagi kaum hawa, ada baiknya mereka tidak mencukur habis alis matanya demi mencegah hal ini. Selain itu, kita juga bisa memakai ikat kepala yang bisa mencegah jatuhnya keringat sampai masuk ke mata saat berolahraga atau melakukan aktifitas fisik lainnya.