Berbahayakah Jika Kerap Mimisan?

DokterSehat.Com– Anda pernah mimisan? Banyak orang yang mengaku panik tatkala darah mengucur dari hidungnya. Ada yang mengaitkannya dengan gangguan pada otak atau gangguan kesehatan yang serius lainnya. Padahal, mimisan atau dalam dunia medis disebut sebagai epistaksis adalah kondisi dimana pembuluh darah pada hidung pecah dan biasanya akan berhenti dengan sendirinya. Sayangnya, jika kita cenderung kerap terkena mimisan, ada baiknya kita mewaspadai munculnya penyakit berbahaya seperti sebagai berikut.

doktersehat-tht-hidung-mimisan-bleeding-nosebleed

Karsinoma nasofaring
Penyakit ini adalah sejenis kanker yang menyerang bagian nasofaring yang terletak di bagian atas tenggorokan dan di belakang hidung. Gejala utama dari kanker ini adalah mimisan yang terus berulang. Jika tidak, maka ingus yang dikeluarkan oleh hidung juga memiliki bercak darah. Ciri dari mimisan yang menandakan adanya kanker ini tidak memicu pendarahan yang berat. Hanya saja, jika gejala ini tidak segera diperiksakan ke dokter, bisa jadi kanker ini akan menyebar ke bagian tubuh lain.

Leukimia
Kerap mimisan ternyata adalah salah satu tanda dari leukimia atau kanker sel darah. Kondisi ini membuat sel darah putih tidak lagi mampu melawan infeksi. Selain itu, sumsum tulang juga tidak lagi mampu memproduksi sel darah merah atau trombosit dengan jumlah yang cukup.

Ciri dari mimisan yang menandakan leukimia adalah sangat sulit untuk dihentikan meskipun pendarahannya tidak terlalu parah. Selain itu, penderitanya juga akan mengalami demam, kerap berkeringat di malam hari, tulang terasa nyeri, tubuh lemas, berat badan menurun drastis, dan kelenjar getah bening yang membengkak.

Limfoma
Limfoma bisa membuat sistem kekebalan tubuh menurun dengan signifikan sehingga kita pun akan rentan diserang penyakit. Karena alasan inilah ada baiknya kita tidak lagi menyepelekan mimisan yang sering muncul.