Berbahayakah Jika Kasur Pembungkus Kasur Tidak Dilepas?

DokterSehat.Com– Cukup banyak orang yang sengaja membiarkan plastik pembungkus kasur tetap berada di tempatnya meskipun kasur tersebut sudah lama digunakan. Dengan adanya plastik ini, diharapkan kasur akan terjaga kebersihannya meskipun memang saat tidur kita akan sedikit merasakan sensasi lebih panas atau suara khas plastik. Sebenarnya, berbahayakan jika kita tidak melepaskan plastik pembungkus kasur ini?



Pakar kesehatan menyebutkan bahwa plastik yang membungkus kasur berjenis spring bed ini ditujukan untuk melindungi kasur agar tidak mudah kotor dan rusak selama perjalanan dari produsen ke penjual dan dari penjual ke pembeli. Meskipun plastik ini benar-benar efektif menjaga kondisi kasur tetap baik, sayangnya plastik yang dipakai adalah plastik yang paling murah dengan kualitas paling buruk. Plastik ini biasanya memiliki kandungan formaldehyde dan bahan kimia berbahaya lainnya dalam jumlah yang besar. Yang menjadi masalah adalah, bahan kimia ini bisa memicu datangnya kanker sehingga berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Jika kita tidur di atas kasur yang berbungkus plastik, dikhawatirkan kita bisa menghirup bahan kimia formaldehyde dan hal ini tentu akan meningkatkan resiko terkena kanker, salah satu penyakit paling mematikan bagi manusia.

Melihat adanya fakta ini, ada baiknya memang kita segera melepas plastik pembungkus kasur begitu kasur yang kita beli sampai di rumah demi mencegah datangnya penyakit berbahaya seperti kanker.