Berbahayakah Jika Ibu Hamil Sering Melakukan USG?

DokterSehat.Com– Salah satu tes yang dilakukan oleh ibu hamil adalah ultrasound sonography atau yang dikenal sebagai USG. Dengan melakukan tes USG, maka kita bisa mengecek perkembangan janin di dalam kandungan atau bahkan mengetahui jenis kelaminnya. Hanya saja sebuah pertanyaan pun muncul, apakah tidak apa-apa jika kita kerap melakukan tes USG karena selalu ingin mengetahui perkembangan janin?

doktersehat-hamil-usg-kehamilan-konsultasi

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa USG sama sekali tidak berbahaya bagi ibu atau janin di dalam kandungan. Hal ini disebabkan oleh USG yang memakai prinsip gelombang suara yang dipantulkan. Adanya gelombang suara inilah yang membuat kita bisa melihat gambaran kondisi janin di dalam kandungan melalui layar. Dengan adanya gambaran ini, dokter pun bisa mengecek perkembangan dan kondisi janin di dalam kandungan.

Manfaat lain dari penggunaan tes USG adalah mengecek kondisi cairan ketuban dan plasenta, serta mendeteksi kemungkian adanya kelainan pada indung telur. Berbagai manfaat ini tentu menunjukkan betapa pentingnya melakukan tes USG bagi ibu hamil.

Berbeda dengan tes rontgen atau CT Scan, USG sama sekali tidak menggunakan radiasi yang bisa memberikan efek samping bagi kesehatan ibu hamil dan janin di dalam kandungan. Hal ini berarti, melakukan tes USG dengan frekuensi yang cukup sering tidak akan menyebabkan cacat lahir atau gangguan perkembangan lain pada janin.

Biasanya, dokter akan menyarankan ibu hamil untuk kerap melakukan tes USG karena mengalami kehamilan dengan resiko tinggi layaknya mengalami masalah tekanan darah tinggi atau diabetes gestasional. Hanya saja, biasanya dokter tidak akan melakukan tes USG terlalu lama karena dianggap bisa menyebabkan kenaikan suhu pada tubuh ibu hamil.