Berbahayakah Jika Anak Tidak Mau Minum Air Putih

DokterSehat.Com – Di zaman modern seperti sekarang ini, kita akan dengan mudah menemukan makanan dan minuman yang beraneka rasa dan beragam warna dan bentuk. Makanan dan minuman yang beraneka ragam ini tentu saja akan memudahkan kita dalam memilih apa yang akan kita konsumsi. Namun, banyaknya jenis makanan dan minuman ini juga memberikan masalah baru, khususnya bagi anak-anak. Anak-anak kini cenderung lebih suka meminum minuman botolan yang memiliki rasa yang enak dan menarik daripada minum air putih yang lebih sehat dan higienis. Padahal, air putih jelas sangat kita butuhkan untuk kesehatan badan. Bagaimanakah menghadapi anak-anak yang tidak suka minum air putih?



Pernahkah anda berpikir jika anak anda tidak begitu suka minum air putih justru karena terlalu banyak minum susu? Cek kembali seberapa banyak anak anda mengkonsumsi susu dalam sehar. Jika ternyata terlalu banyak, bisa jadi susu yang cenderung mengenyangkan ini membuat keinginan untuk meminum air putih berkurang. Cobalah kurangi frekuensi anak dalam mengkonsumsi susu dan menawarkan air putih pada mereka. Berikanlah contoh pada anak dengan cara meminum air putih dengan jumlah yang banyak setiap hari, khususnya setelah makan bersama.

Andai ternyata anak masih susah untuk suka minum air putih, kita bisa memakai beberapa bahan makanan yang kaya cairan sebagai makanan anak-anak. Sebagai contoh, kita bisa sering memasak makanan atau sayur-sayuran yang kaya kuah layaknya sayur bening. Disamping itu, buah-buahan yang kaya akan air layaknya semangka, melon, pear dan buah-buahan lainnya bisa kita sajikan dengan menarik agar anak-anak mau memakannya.

Jangan biarkan anak-anak mengkonsumsi minuman botolan khususnya yang berwarna dan berasa karena jika dikonsumsi dalam waktu lama tentu akan mempengaruhi kesehatan anak. Usahakan agar anak mau mengkonsumsi air putih agar kesehatan tubuh mereka tetap terjaga dengan baik.

Baca Juga:  Cara Mengatasi Bayi Gumoh Setelah Menyusu