Berbahayakah Jika Anak Tanpa Sengaja Menelan Pasta Gigi?

DokterSehat.Com– Mengajari anak menyikat gigi memang bisa memberikan kesulitan tersendiri bagi orang tua. Tak hanya sulit untuk membuat mereka rutin melakukannya karena terkadang sudah ketiduran di malam hari atau malas, kadangkala saat anak sudah mau menyikat gigi, tanpa sengaja mereka menelannya. Sebenarnya, apakah tanpa sengaja menelan pasta gigi bisa memberikan efek buruk bagi kesehatan?

doktersehat-anak-sikat-gigi

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa menelan pasta gigi tidak selalu memberikan dampak kesehatan yang berbahaya. Hanya saja, hal ini bisa memicu masalah fluorosis atau mottled enamel. Fluorisis adalah kelainan yang terjadi pada rongga mulut yang menyebabkan munculnya bercak dengan warna keputihan atau kecokelatan. Biasanya, kondisi ini terjadi pada gigi seri pada rahang bagian atas. Penyebab dari masalah fluorosis adalah banyaknya asupan fluoride dengan berlebihan saat enamel gigi terbentuk pada saat usia anak 22 hingga 26 bulan. Meskipun tidak termasuk dalam penyebab kerusakan gigi yang parah, kondisi ini bisa mempengaruhi penampilan rongga mulut anak.

Demi mencegah masalah fluorosis ini, Canadian Dental Association menyarankan anak dengan usia di bawah usia 3 tahun untuk menyikat giginya dengan hanya menggunakan pasta gigi seukuran biji beras saja. Jika perlu, pasta gigi yang dipilih sebaiknya adalah yang rendah fluoride atau yang dikhususkan untuk anak-anak sehingga andai anak-anak tidak sengaja menelannya, maka mereka tidak akan mengalami masalah kesehatan yang berbahaya.