Berbahayakah Jika Anak Sering Mengkonsumsi Frozen Food?

DokterSehat.Com– Cukup banyak orang tua yang cenderung memilih makanan serba praktis bagi buah hatinya. Tak percaya? Frozen food kerap dimasak oleh orang tua sebagai lauk sarapan pagi bagi anaknya sebelum berangkat ke sekolah karena mudah dan cepat untuk dimasak. Sebenarnya, apakah kerap mengkonsumsi frozen food ini berbahaya bagi kesehatan anak?

doktersehat-nugget

Pakar kesehatan gizi bernama dr. Diana Suganda, MKes, SPGK menyebutkan bahwa frozen food sangatlah tidak direkomendasikan untuk dikonsumsi, apalagi secara sering oleh anak-anak. Jika kita melihat kandungannya di dalam label pembungkusnya, makanan ini memiliki kadar garam yang tinggi dan menggunakan kadar pengawet. Padahal, konsumsi kedua kandungan ini haruslah dibatasi karena berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Tak hanya frozen food berjenis makanan olahan, makanan beku berupa sayuran atau daging dan ikan segar kerap kali dianggap sebagai makanan yang masih memiliki kandungan nutrisi yang utuh. Padahal, dalam realitanya sayuran ini mengalami penurunan kandungan nutrisi. Tak hanya itu, saat dibekukan, sayuran atau daging dan ikan segar ini juga ditambahi kandungan garam agar lebih awet. Padahal, sudah menjadi rahasia umum jika kandungan garam yang berlebihan bisa memicu masalah kesehatan seperti penyakit jantung.

Dr. Diana menyarankan orang tua untuk memasak makanan-makanan yang segar namun praktis untuk dibuat bagi buah hatinya. Sebagai contoh, telur, tempe, atau tahu sangat mudah untuk diolah, memiliki rasa yang enak, dan kaya nutrisi menyehatkan. Selain itu, ayam goreng tepung yang dimasak sendiri juga jauh lebih baik jika dibandingkan dengan frozen food berupa makanan olahan.