Berbahayakah Hernia pada Ibu Hamil?

DokterSehat.Com– Saat kehamilan semakin besar, bentuk tubuh ibu ikut bertambah besar sehingga kadang menyebabkan pusar ibu ikut menonjol keluar atau bodong. Namun kadang banyak ibu hamil tidak bisa membedakan antara pusat bodong atau gejala hernia umbilikalis.

Apa itu hernia umbilikalis?

Hernia umbilikalis adalah munculnya lubang kecil di dinding perut. Kondisi ini terjadi ketika usus, lemak atau cairan mencuat ke dinding rongga perut dekat pusar sehingga menyebabkan tonjolan di sekitar pusar. Biasanya hernia muncul saat ibu batuk, mengejan atau mengalami tekanan di bagian perut.

Berbahayakah hernia umbilikalis saat hamil?

Dilansir dari laman today parents, hernia umbilikalis umumnya tidak berbahaya meskipun kadang mengganggu kenyamanan ibu hamil. Kondisi ini umumnya akan menghilang dengan sendirinya setelah kelahiran.

Magali Robert, ahli urologi di Foothills Medical Center, Alberta Health Services menyebutkan bahwa umumnya hernia umbilikalis saat hamil tidak perlu mendapat penanganan serius. Namun jika hernia diiringi dengan mual, muntah, demam dan rasa sakit yang hebat maka hal ini perlu pemeriksaan lebih lanjut.

Bisakah ibu hamil dengan hernia umbilikalis melahirkan normal?

Salah satu pertanyaan yang sering dilontarkan terkait hernia pada wanita adalah bisakah ibu hamil dengan hernia melahirkan secara normal?. Tidak perlu khawatir, ibu hamil dengan hernia tetap dapat melahirkan secara normal jika kondisi hernianya terbilang cukup aman.

Jika kondisi hernia yang dialami cukup lebar dan kana memberatkan kondisi hernia jika melahirkan dengan normal, umumnya dokter akan menyarankan operasi caesar saat melahirkan. Apabila Anda sedang hamil dan memiliki gejala hernia, maka sebaiknya lakukan konsultasi ke dokter kandungan untuk membicarakan persiapan persalinan. Pada beberapa kasus, akan dilakukan pengobatan atau tindakan lain setelah persalinan.