Berbagai Tipe Kulit Kepala dan Perawatannya

DokterSehat.Com – Kita mengenal beberapa jenis rambut yang dimiliki oleh masyarakat tanah air. Selain rambut lurus, masyarakat Indonesia juga sudah akrab dengan rambut keriting, bergelombang, hingga rambut afro. Namun, jika kita sudah menyebut jenis-jenis dari kulit kepala, maka kebanyakan orang akan menganggap jika kulit kepala adalah sama saja dari satu orang ke orang lainnya. Anggapan ini ternyata tidak benar adanya mengingat ada beberapa jenis tipe kulit kepala yang membutuhkan penanganan yang beragam. Berikut adalah beberapa tipe dari kulit kepala yang bisa kita pelajari.

doktersehat-obat-kumur-atasi-ketombe

Tipe kulit kepala yang pertama adalah tipe kulit kepala yang berminyak. Tipe kulit kepala berminyak bisa dikenali dengan rambut yang cenderung lebih lepek dan lebih lengket jika kita tidak keramas setidaknya dua hari. Kondisi kulit kepala berminyak hampir sama dengan yang ada di muka kita mengingat kondisi ini dipengaruhi oleh hormon yang mengatur intensitas minyak. Untuk merawat kulit kepala berminyak, kita tentu harus memakai shampoo khusus yang diperuntukkan bagi rambut atau kulit kepala berminyak. Selain itu, kita juga bisa memakai cara sderhana dengan memakai masker rambut dari tanah liat yang bisa membersihkan folikel rambut secara signifikan.

Tipe kulit kepala berikutnya adalah tipe kulit kepala yang cenderung kering. Biasanya, kulit kepala yang kering akan terasa gatal-gatal dan terdapat adanya bintik-bintik berwarna putih. Jika kelembaban udara menurun, maka bisa jadi kecantikan rambut pada kulit yang menurun drastis karena semakin mengeringnya rambut. Jika anda memiliki kulit kepala yang cenderung kering, ada baiknya kita tidak memakai hair dryer atau catok rambut dengan berlebihan dan kita bisa memakai shampoo yang bisa menjaga kelembaban rambut atau sejenis kondisioner secara rutin.

Baca Juga:  Keracunan Makanan Bisa Diawali Dengan Mual-Mual dan Diare

Tipe kulit kepala yang terakhir adalah yang sensitif. Biasanya jenis tipe kulit ini dikenali rambut yang terasa sangat gatal meskipun kulit kepala tidak memiliki ketombe sama sekali. Rasa tidak nyaman pada tipe kulit kepala ini bisa terjadi karena munculnya peradangan karena kulit kepala yang cenderung kotor. Biasanya, hasil pencucian rambut yang tidak efektif lah yang menyebabkan kulit kepala menjadi lebih kotor dan kurang terawat. Jika diperlukan, kita bisa memakai shampoo yang memiliki scrub bagi kebersihan kulit kepala dan kemampuannya menghilangkan kulit mati. Dengan kulit kepala yang sehat, rambut pun akan menjadi jauh lebih sehat dan menarik.