Berbagai Penyebab Pusing Saat Bangun Tidur

DokterSehat.Com– Bukannya merasakan sensasi segar dan bugar, kadangkala kita justru mengalami pusing saat bangun tidur. Pakar kesehatan Juline Bryson, MD yang berasal dari Wake Forest Baptist Medical Center menyebutkan bahwa selain karena memang terkena penyakit migrain, pusing saat bangun tidur juga bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti sebagai berikut.

doktersehat-nyeri-kepala-sinus

Pola tidur yang tidak teratur
Jika kita tidak bisa tidur dengan jam yang konsisten setiap hari dan kerap kali mengalami perubahan durasi tidur dimana terkadang kita bisa tidur sangat lama namun dalam beberapa kesempatan tidur terlalu sebentar, ternyata bisa meningkatkan resiko terkena pusing saat bangun tidur. Hal ini bisa mengganggu bagian otak yang disebut sebagai hipotalamaus yang mempengaruhi resiko migrain. Melihat adanya fakta ini, cobalah untuk memperbaiki pola tidur agar tidak mudah terkena pusing saat bangun tidur dan membuat tubuh lebih bugar.

Mengkonsumsi makanan tertentu
Bryson menyebutkan bahwa jika kita mengkonsumsi makanan olahan atau minum segelas anggur merah di malam sebelum tidur, maka resiko untuk terkena migrain saat bangun tidur juga meningkat. Makanan-makanan ini bisa menyebabkan peradangan pada tubuh, kondisi yang memang cenderung lebih rentan terjadi saat malam hari.

Kekurangan asupan air
Sakit kepala adalah gejala paling umum dari dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh. Karena alasan inilah ada baiknya kita selalu mengkonsumsi air putih dengan cukup setiap hari. Selain itu, hindari konsumsi minuman beralkohol yang bisa meningkatkan resiko dehidrasi dan migrain.

Kebiasaan minum kopi
Bagi sebagian orang yang terbiasa minum kopi di pagi hari setelah bangun tidur, tidak mengkonsumsinya ternyata bisa memicu datangnya migrain. Hal in disebabkan oleh tubuh yang sudah terbiasa mendapatkan asupan kafein pada pagi hari. Dengan melewatkan waktu minum kopi ini, tubuh pun memberikan sinyal untuk meminta asupan kafein dengan cara membuat kepala pusing.

Baca Juga:  Ini Tanda Jika Kita Harus Segera Mengganti Bantal

Mendengkur saat tidur
Jika sakit kepala yang muncul saat bangun tidur disertai dengan sensasi tegang, bisa jadi kita mendengkur atau mengalami sleep apnea saat tidur sebelumnya. Cobalah untuk memeriksakan kondisi kesehatan ini ke dokter untuk mendapatkan solusinya.