Berbagai Penyebab Ibu Hamil Susah Tidur dan Cara Untuk Mengatasinya

DokterSehat.Com– Cukup banyak ibu hamil yang mengaku kesulitan untuk tidur di malam hari sehingga akhirnya berada dalam kondisi yang lesu, mengantuk, dan kurang bersemangat saat di siang hari. Berikut adalah beberapa hal yang bisa memicu masalah susah tidur dan cara untuk mengatasinya.

doktersehat-hamil-pusing-Preeklamsia

Kram pada kaki
Jika ibu hamil kekurangan asupan kalsium dan magnesium, maka ibu hamil bisa mengalami kram pada kaki yang membuat mereka susah tidur. Karena alasan inilah ada baiknya ibu hamil kerap mengkonsumsi makanan yang kaya akan asupan kalsium atau magnesium layaknya susu, kacang almond, hingga kacang polong. Selain itu, ibu hamil juga sebaiknya kerap melakukan peregangan otot ringan layaknya dengan berjalan kaki dengan rutin.

Sakit punggung
Memasuki trimester kedua dan ketiga kehamilan, ibu hamil kerap mengalami sakit punggung yang disebabkan oleh melemahnya ligament atau jaringan ikat pada persendian yang dipicu oleh semakin besarnya ukuran tubuh janin dan adanya hormon relaxin. Untuk mengatasinya, ada baiknya ibu hamil tidur dengan posisi miring ke kiri dan mengganjal punggung dengan bantal.

Terkena sindrom kaki gelisah
Sindrom yang memiliki nama asli restless legs syndrome ini kerap kali muncul pada trimester ketiga kehamilan. Gejala paling umum dari sindrom ini adalah sensasi pegal-pegal, berdenyut, nyeri, atau bahkan sedikit geli pada kaki. Gejala ini kerap kali muncul di sore atau malam hari sehingga membuat ibu tidak bisa tidur dengan tenang.

Untuk mengatasi sindrom ini, ibu sebaiknya mencukupi kebutuhan asam folat dan zat besinya. Namun, pastikan untuk berkonsultasi pada dokter terlebih dahulu agar tidak mengkonsumsi asupan asam folat atau zat besi dengan berlebihan.

Kerap buang air kecil
Rahim yang semakin menekan kandung kemih dan peningkatan hormon progesteron akan membuat ibu kerap buang air kecil, termasuk saat tidur. Demi mencegah hal ini, ada baiknya ibu tidak lagi minum air dua jam sebelum tidur dan memperbanyak minum di siang hari.

Baca Juga:  Meskipun Ketubannya Pecah Dini, Ibu Ini Berhasil Menyelamatkan Janinnya Hingga Melahirkan

Insomnia
Masalah insomnia ini sangatlah sering terjadi pada ibu hamil. Untuk mengatasinya, ada baiknya ibu melakukan beberapa hal yang bisa membuat mereka lebih rileks seperti mandi air hangat, mendengarkan musik yang lembut, dan menghindari penggunakan ponsel, televisi, atau komputer sebelum tidur.