Berbagai Penyakit Berbahaya Yang Bisa Dipicu Oleh Makanan Asin

DokterSehat.Com – Setiap orang tentu memiliki selera makan yang berbeda-beda. Ada yang menyukai makanan cepat saji, ada yang menyukai makanan yang cenderung terasa manis, dan ada pula yang menyukai makanan yang cenderung terasa asin. Mereka yang suka dengan makanan asin biasanya menyukai sensasi rasa gurih saat memakan makanan-makanan tersebut. Makanan yang asin cenderung memiliki akdar garam yang cukup tinggi sehingga jika kita sering mengkonsumsi makanan-makanan yang asin, kesehatan tubuh kita ternyata beresiko mendapatkan masalah yang serius. Berikut adalah beberapa masalah kesehatan yang beresiko bisa muncul pada tubuh kita jika kita suka mengkonsumsi makanan yang asin.

23938579132_9d11868964_o

Makanan yang asin dan mengandung banyak kadar garam ternyata bisa membuat organ ginjal di dalam tubuh bekerja dengan sangat keras. Kandungan garam pada makanan asin ternyata bisa memicu masalah retensi air dalam ginjal sehingga pembuluh darah di area sekitar ginjal bisa mengalami pelemahan dan kerusakan. Mereka yang suka memakan makanan asin akan beresiko tinggi mengalami masalah gagal ginjal. Makanan yang cenderung asin juga memberikan resiko terkena penyakit kanker perut cukup tinggi mengingat adanya kandungan nitrat yang tinggi bisa membuat lapisan lambung teriritasi. Selain asam lambung atau sakit maag muncul, iritasi ini beresiko menyebabkan kanker perut dengan rasio yang cukup besar.

Jika kita suka mengkonsumsi makanan asin, tekanan darah dalam tubuh juga bisa meningkat dengan signifikan. Tubuh akan cenderung membutuhkan cairan lebih banyak untuk mencerna makanan asin sehingga volume darah pun terpengaruh yang pada akhirnya meningkatkan tekanan darah. Tekanan darah yang meningkat pada akhirnya akan berpengaruh pada organ kardiovaskular dan bahkan bisa memicu penyakit stroke yang sangat mematikan.

Baca Juga:  Penyebab Tubuh Menggigil Kedinginan

Makanan yang cenderung asin jika kita konsumsi secara berlebihan ternyata bisa membuat tubuh kelebihan kadar garam. Kadar garam yang berlebihan inilah yang pada akhirnya membuat kekuatan tulang pada tubuh mengalami penurunan drastis sehingga kita pun akan beresiko mendapatkan masalah osteoporosis cukup tinggi di masa depan.