Berbagai Penyakit Berbahaya Bagi Ibu Hamil

Dokter Sehat – Menjaga kondisi kesehatan diri sendiri dan bagi janin dalam kandungan adalah hal yang mutlak dilakukan bagi setiap ibu yang sedang hamil, sambil menunggu waktu kelahiran sang bayi kadang beberapa penyakit yang bisa berakibat fatal baik bagi sang ibu maupun bagi sang bayi bisa saja muncul. Kadangkala gejala-gejala sederhana justru adalah indikasi kemunculan penyakit berbahaya bagi ibu hamil tersebut.

10

Oleh karena itu mengetahui jenispenyakit yang harus diwaspadai saat kehamilan adalah hal yang mutlak agar bisa dilakukan pencegahan sedini mungkin atau penanggulangan secepatnya bila ternyata gejala-gejala penyakit berbahaya tersebut muncul, jika tidak ditanggulangi boleh jadi penyakit yang ada bisa menimbulkan bahaya baik ibu maupun janin atau di kemudian hari menyebabkan kelainan bahkan kecacatan bagi si buah hati.

Penyakit berbahaya bagi ibu hamil :

1.Torch
Torch merupakan singkatan dari sekelompok penyakit yang disebabkan oleh parasit Toxoplasma dan virus Rubella, Cytomegalo serta Herpes. Keempat macam penyakit infeksi ini sangat berbahaya bila diderita oleh ibu hamil, karena selain dapat menyebabkan keguguran, juga dapat menyebabkan kelainan pada janin.

2.Toxoplasma
Infeksi Rubella yang terjadi pada ibu hamil, terutama pada tiga bulan pertama kehamilan, dapat berakibat serius pada janin karena dapat menyebabkan kerusakan mata dan telinga, kerusakan jantung, gangguan pertumbuhan, serta gangguan sistem syaraf pusat.

3.Cytomegalovirus (CMV)
Bila ibu hamil menderita infeksi CMV, maka akibat yang terjadi pada bayi dapat bervariasi dari yang ringan sampai yang berat. Umumnya bayi lahir prematur dengan berat badan rendah dan memperlihatkan gejala kuning, pembesaran hati dan limfa.

4.Herpes
Herpes merupakan penyakit yang ditularkan melalui hubungan seksual, selain dapat menyebabkan kanker leher rahim, juga dapat menyebabkan kelainan yang serius pada janin, bila infeksi terjadi pada saat ibu hamil. Penularan dari ibu hamil kepada bayinya dapat terjadi pada saat proses kelahiran, yaitu akibat kontak dengan leher rahim ibu yang terinfeksi Herpes. Kelainan pada bayi dapat berupa radang otak, radang mata, radang hati dan sebagainya.

Baca Juga:  Lebih Cepat Terangsang Saat Morning Sex

5.PHS dan lain-lain
PHS atau penyakit yang ditularkan melalui hubungan seksual lain seperti Gonorrhoea (GO), Syphilis dan Chlamydia dapat menyebabkan keguguran dan kelainan-kelainan pada janin, bila infeksi terjadi pada ibu yang sedang hamil.

6.Hepatitis B
Hepatitis B dapat juga ditularkan dari ibu kepada anak pada waktu proses kelahiran, bila hal ini tidak ditangani dengan baik, maka akan berakibat serius pada anak dikemudian hari, seperti sirosis hati (penyakit pengerasan hati) dan kanker hati.
Hal lain yang juga perlu diwaspadai adalah penyakit-penyakit keturunan dan ketidak cocokan golongan darah rhesus, perlu diketahui sebelumnya, mengingat resiko yang akan terjadi pada bayi yang dilahirkan.

Untuk mencegah munculnya penyakit berbahaya pada ibu hamil, sebaiknya pemeriksaan rutin terus dilakukan selama masa kehamilan. Seperti di sebutkan diatas bahwa beberapa jenis penyakit tidak menunjukan gejala yang khusus sehingga tidak disadari bahwa penyakit tersebut muncul dan berkembang, dengan pemeriksaan laboratorium tentu kemunculan penyakit tersebut bisa diidentifikasi sejak dini agar proses penyembuhannya bisa dilakukan secepatnya.