Berbagai Metode Pengobatan Wasir

DokterSehat.com – Ambeien atau wasir adalah penyakit atau gangguan pada anus dimana bibir anus, mengalami pembengkakan yang kadang-kadang disertai pendarahan. Wasir dapat terletak di dalam rektum (wasir dalam), atau mungkin berkembang di bawah kulit di sekitar anus (wasir luar).



Kini sudah banyak pilihan pengobatan yang efektif untuk mengobati wasir. Sebagian besar pengobatan untuk wasir bisa Anda lakukan sendiri dengan menerapkan gaya hidup sehat. Meski begitu, diperlukan pula obat-obatan atau prosedur bedah jika dibutuhkan.

Obat-Obatan

Jika wasir Anda hanya menyebabkan ketidaknyamanan ringan, Anda mungkin masih bisa menggunakan krim yang dijual bebas, salep, supositoria atau pembalut. Produk-produk ini mengandung bahan-bahan, seperti bedak cair atau hidrokortison, yang dapat mengurangi rasa sakit dan gatal untuk sementara waktu.

Namun, jangan gunakan krim atau produk lainnya selama lebih dari seminggu kecuali atas  anjuran dokter. Produk-produk ini dapat menyebabkan efek samping, seperti ruam kulit, peradangan dan penipisan kulit.

Prosedur Pengobatan

Jika terdapat pembekuan darah pada wasir eksternal, maka dokter akan menghilangkan bekuan dengan sayatan sederhana untuk meringankan gejala.

Untuk perdarahan yang persisten atau wasir menyakitkan, dokter anda dapat merekomendasikan prosedur lainnya, seperti:

  • Ligasi pita karet

Dokter akan meletakkan satu atau dua pita karet kecil di sekitar area wasir internal untuk memotong sirkulasi nya. Wasir akan menciut dan jatuh dalam waktu seminggu. Prosedur ligasi pita karet ini efektif untuk penderita wasir. Wasir akan menimbulkan rasa ketidaknyaman dan dapat menyebabkan pendarahan pada dua sampai empat hari setelah prosedur dilakukan.

  • Penyuntikan

Dalam prosedur ini, dokter akan menyuntikkan larutan kimia ke dalam jaringan wasir supaya menyusut. Suntikan bisa menyebabkan nyeri atau tidak. Tapi, sayangnya metode ini mungkin kurang efektif dibanding dengan ligasi pita karet.

  • Koagulasi (inframerah, laser atau bipolar)
Baca Juga:  Antisipasi Kanker Rahim Bagi Ibu Hamil

Teknik Koagulasi menggunakan laser atau cahaya inframerah atau panas. Teknik ini bisa membuat wasir internal mengeras dan menciut. Koagulasi juga memiliki sedikit efek samping.

Prosedur Pembedahan

Jika prosedur lainnya belum berhasil atau wasir masih tetap besar, dokter akan menyarankan untuk melakukan prosedur bedah. Pembedahan dapat dilakukan dengan cara rawat jalan atau mungkin pasien harus tinggal di rumah sakit semalam.

Dokter akan mengambil jaringan yang berlebihan yang menyebabkan perdarahan dengan menggunakan berbagai teknik. Operasi dapat dilakukan dengan pembiusan lokal yang dikombinasikan dengan sedasi. Hemorrhoidectomy adalah cara yang paling efektif dan lengkap untuk menghilangkan wasir, tetapi juga memiliki tingkat komplikasi yang tinggi.

Kebanyakan orang akan mengalami rasa sakit setelah prosedur ini dilakukan. Untuk mengurangi rasa sakit Anda bisa mengonsumsi obat-obatan atau berendam dalam air hangat.

Penjepitan Wasir. Pada teknik ini wasir akan dijepit. Penjepitan biasanya dapat menimbulkan rasa sakit dari wasir. Dibandingkan dengan hemorrhoidectomy, penjepitan lebih berisiko menimbulkan kekambuhan wasir.

Sebaiknya  konsultasikan dengan dokter Anda mengenai metode apa yang terbaik untuk dijadikan pilihan pengobatan.