Berbagai Manfaat Yoghurt Bagi Ibu Hamil

DokterSehat.Com – Setiap ibu hamil tentu ingin memastikan kondisi janinnya tetap sehat dan mengalami perkembangan yang maksimal. Untuk memastikannya, ibu hamil tentu harus mengkonsumsi berbagai makanan yang kaya akan nutrisi dan gizi. Salah satu jenis makanan yang sangat direkomendasikan oleh ibu hamil, khususnya yang sedang menjalani trimester kedua kehamilan, adalah yoghurt. Sebenarnya, apa sih kebaikan yoghurt yang bisa didapatkan oleh ibu hamil?

doktersehat-yoghurt-cokelat

Pakar kesehatan menyebutkan jika pada trimester kedua kehamilan, ibu hamil harus mulai meningkatkan asupan berbagai nutrisi yang sangat baik bagi kesehatan dan perkembangan janin layaknya kalsium hingga protein. Kalsium sangatlah penting bagi pertumbuhan tulang dan gigi sang buah hati sehingga ada baiknya ibu hamil mengkonsumsi 1.200 mg nutrisi ini setiap hari. Jumlah ini tentu cukup banyak bukan? Beruntung, dengan rutin mengkonsumsi yoghurt yang dikenal luas kaya akan kalsium, vitamin D, dan juga protein, maka ibu hamil pun akan sangat terbantu dalam mencukupi kebutuhan kalsium harian ini.

Meskipun sudah mencapai trimester kedua, dalam realitanya masih cukup banyak ibu hamil yang mengalami morning sickness. Andai hal ini terjadi, maka tentu akan ada banyak asupan makanan yang hilang karena dimuntahkan. Untungnya, andai ibu hamil mau mengawali sarapan dengan mengkonsumsi segelas susu hangat atau yoghurt, maka rasa mual-mual pun akan segera menghilang sehingga kita bisa lebih baik dalam mencegah morning sickness.

Untuk mendapatkan sensasi rasa yang lebih segar, ibu hamil bisa menambahkan yoghurt dengan beberapa jenis buah-buahan layaknya stroberi, anggur, hingga kiwi. Buah-buahan ini diyakini cukup efektif dalam menurunkan rasa mual. Selain itu, kandungan vitamin yang sangat tinggi dari buah-buahan ini tentu akan sangat baik bagi kesehatan ibu hamil, bukan?

Baca Juga:  Manfaat Yoghurt Prebiotik Untuk Kesehatan

Pakar kesehatan sendiri sangat menyarankan kita mengkonsumsi yoghurt dingin di pagi hari karena bisa membuat nafsu makan ibu hamil meningkat. Rasa asam dari yoghurt yang tidak terlalu kuat juga akan secara efektif menurunkan rasa mual sehingga ibu hamil bisa mengkonsumsi berbagai makanan yang bergizi.