Berbagai Manfaat Yang Akan Kita Dapatkan Dengan Meditasi Mengolah Pernafasan

DokterSehat.Com – Meditasi kerap kali dikaitkan dengan olahraga yang mampu memberikan kesehatan prima bagi pikiran kita. Dalam realitanya, meditasi memang menawarkan ketenangan jiwa. Dengan melakukan pengolahan pernafasan yang benar khas meditasi, kita ternyata bisa mendapatkan berbagai manfaat, tidak hanya soal ketenangan pikiran saja. Berikut adalah beberapa kebaikan yang bisa kita dapatkan dengan meditasi mengolah pernafasan.

doktersehat-bernafas-dalam

Sebagaimana yang telah disebutkan sebelumnya, meditasi mengolah pernafasan menawarkan kebaikan bagi kesehatan jiwa. Tahukah anda, nafas yang cenderung pendek ternyata berkaitan dengan kadar stress yang cukup tinggi. Dengan melakukan meditasi dan mengolah nafas selama satu hingga dua menit lamanya, kitapun bisa membantu pikiran menjadi lebih tenang dan tubuh pun akan segera rileks kembali. Selain itu, kita juga bisa menghilangkan rasa cemas berlebihan dan berbagai emosi negatif lainnya. Sebuah penelitian yang dilakukan di Australia bahkan menunjukkan jika dengan melatih pernafasan setidaknya selama 30 menit, maka segala rasa cemas dan pikiran yang negatifpun akan cenderung mereda. Bahkan, andai kita sedang akan naik panggung atau melakukan ujian, terapi pernafasan ini diyakini akan cukup efektif menenangkan pikiran kita sehingga bisa menyelesaikan tugas dengan baik.

Dengan mengolah pernafasan; bernafas dengan lebih lambat dan dalam, dalam rentang waktu beberapa menit saja ternyata mampu membuat tekanan darah menurun. Pakar kesehatan Dr. David Anderson dari National Institute of Health menemukan adanya fakta kesehatan ini jika meditasi dilakukan dengan rutin. Selain itu, dengan rutin melakukan meditasi pengolahan nafas, diyakini organ jantung akan menjadi semakin sehat dengan denyut jantung yang variabelnya semakin membaik.

Kebaikan lain dari melakukan meditasi pengolahan nafas adalah dengan meningkatnya ukuran otak kita. Penelitian yang dilakukan di Harvard pada tahun 2005 menunjukkan jika meditasi pernafasan akan membuat kapasitas dan ketebalan korteks otak semakin membaik jika dilakukan secara rutin.