Berbagai Manfaat Sehat Rebung Bagi Tubuh

DokterSehat.Com– Pernah mencoba rebung atau tunas bambu muda? Rebung kerap kali ditemui sebagai bahan makanan yang enak setelah ditumis, dijadikan sup, atau bahkan dijadikan isian lumpia. Tak hanya rasanya yang enak, rebung ternyata bisa memberikan manfaat kesehatan seperti berikut ini.



Menurunkan kolesterol
Kandungan serat yang tinggi di dalam rebung bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Tak hanya itu, rebung juga kaya akan kandungan fitosterol dan fitonutrien. Menurut sebuah penelitian, berbagai kandungan sehat dari rebung ini jika dikonsumsi secara teratur bisa menyehatkan organ jantung.

Menurunkan berat badan
Kandungan seratnya yang tinggi dan diimbangi dengan rendahnya kadar lemak dan kalori membuat rebung sangatlah ideal untuk dikonsumsi bagi mereka yang ingin menurunkan berat badannya. Selain itu, kandungan serat ini juga akan menyehatkan usus dan memperlancar buang air besar.

Melawan kanker
Kandungan fitronutrien yang ada dalam rebung memiliki fungsi sebagai antioksidan yang cukup kuat sehingga membantu tubuh melawan efek buruk paparan radikal bebas dan stress oksidatif. Kandungan klorofil di dalamnya ternyata juga bisa mencegah mutasi sel dalam tubuh yang bisa memicu kanker.

Baik bagi kesehatan kulit
Kandungan vitamin E yang sangat tinggi dalam rebung ditambah dengan antioksidan bisa mencegah kerusakan pada kulit yang seringkali terjadi akibat paparan radikal bebas.

Menurunkan resiko terkena stroke
Rutin makan rebung bisa membuat kita mendapatkan asupan kalium yang akan mengendalikan tekanan darah. Hal ini akhirnya berimbas pada menurunnya resiko terkena stroke.

Melihat adanya berbagai manfaat sehat ini, kita tak perlu ragu lagi mengkonsumsi rebung setiap hari.