Berbagai Manfaat Sehat dari Sirsak, Salah Satunya Mengatasi Kanker

DokterSehat.Com– Salah satu penyakit yang paling ditakuti oleh masyarakat di seluruh dunia adalah kanker. Tak hanya sulit untuk disembuhkan, penyakit ini juga dikenal sangat mematikan. Cukup banyak orang yang berusaha untuk menerapkan gaya hidup sehat agar tidak terkena penyakit ini. Beruntung, menurut pakar kesehatan, ada salah satu buah yang bisa mencegah datangnya penyakit ini. Buah tersebut adalah sirsak.



Sebelum membahas jauh tentang penelitian kesehatan modern, buah sirsak ternyata sudah banyak digunakan oleh suku Indian di benua Amerika sejak berabad-abad silam sebagai makanan yang kaya akan manfaat. Tak hanya buahnya yang manis, kulit buah sirsak, akar, atau bahkan biji dari pohon sirsak disebut-sebut bisa mencegah datangnya berbagai penyakit. Berdasarkan kepercayaan inilah sebuah penelitian dilakukan oleh pakar kesehatan dari The National Cancer Institute pada tahun 1976 silam untuk mengetahui berbagai manfaat dari sirsak ini.

Dalam penelitian tersebut, diketahui bahwa daun dan batang sirsak ternyata mampu menghancurkan sel kanker penyebab kanker usus, kanker pankreas, kanker prostat, kanker paru, hingga kanker payudara. Di dalam daun dan batang sirsak ternyata ada senyawa aktif yang memiliki kekuatan 10 ribu kali lebih baik dalam melawan kanker dibandingkan dengan Adriamycin, salah satu obat kanker modern. Tak hanya mampu melawan kanker, pakar kesehatan menyebutkan bahwa senyawa pada daun dan batang sirsak ini ternyata juga mampu membunuh sel kanker tanpa memberikan efek samping.

Penelitian lain yang dilakukan oleh pakar kesehatan dari Purdue University juga mengungkapkan fakta menarik dimana buah sirsak ternyata kaya akan antioksidan yang bisa membuat sistem kekebalan tubuh meningkat, membuat sistem pencernaan semakin sehat, dan membantu mengatasi stress. Melihat adanya fakta ini, ada baiknya memang kita rutin mengkonsumsi buah yang memiliki rasa yang lezat ini.