Berbagai Manfaat Sehat Buang Air Kecil Dengan Jongkok Bagi Pria

DokterSehat.Com– Kebanyakan pria akan memilih untuk buang air kecil dengan berdiri karena menganggap buang air kecil dengan posisi jongkok biasanya hanya dilakukan oleh wanita. Selain itu, buang air kecil dengan posisi berdiri juga cenderung lebih praktis untuk dilakukan. Sayangnya, pakar kesehatan menyebutkan bahwa buang air kecil dengan posisi berdiri ternyata kurang baik untuk dilakukan kaum pria. Mereka juga sangat menyarankan pria untuk buang air kecil dengan jongkok layaknya wanita karena bisa memberikan manfaat kesehatan berupa mencegah masalah prostat.

doktersehat-pria-toile-kamar-mandi-wasir-ambeien-konstipasi

Fakta menarik ini didapatkan dari penelitian yang dilakukan oleh Leiden University Medical Center yang ada di Belanda. Dalam penelitian yang kemudian hasilnya dipublikasikan dalam Times of India ini, disebutkan bahwa buang air kecil dengan posisi jongkok cenderung lebih higienis jika dibandingkan dengan posisi berdiri.

Jika kita buang air kecil dengan posisi berdiri, air seni akan cenderung menciprat pada berbagai bagian toilet. Tak hanya membuat toilet menjadi berbau tidak sedap, toilet juga bisa menjadi tempat yang penuh dengan kuman yang bisa menyebabkan penyakit.

Manfaat lain yang bisa kita dapatkan dari buang air kecil dengan posisi jongkok adalah semakin maksimalnya proses pengosongan kantung kemih. Hal ini tentu akan membuat resiko terkena infeksi terkena infeksi saluran kemih juga akan semakin menurun. Selain itu, buang air kecil dengan jongkok juga akan menurunkan resiko terkena masalah prostat pada pria.

Melihat adanya fakta ini, apakah kaum pria mau mengubah posisi buang air kecilnya dari berdiri menjadi jongkok yang lebih sehat?