Berbagai Manfaat Pepaya Bagi Kesehatan Tubuh

DokterSehat.Com – Pepaya adalah salah satu buah yang cukup mudah ditemui di berbagai tempat di tanah air. Rasanya yang manis membuat pepaya bisa dikonsumsi langsung atau dikonsumsi dalam bentuk jus atau bahkan dalam bentuk rujak yang pedas dan segar. Tahukah anda, dibalik manisnya rasa buah pepaya ini, terdapat berbagai macam khasiat yang bisa didapatkan jika kita sering mengkonsumsinya. Berikut adalah berbagai manfaat pepaya bagi kesehatan tubuh.

doktersehat-pepaya

Banyak orang percaya jika buah pepaya sangatlah baik bagi kesehatan sistem pencernaan. Kandungan buah pepaya diyakini bisa membuat proses pencernaan menjadi lancar sehingga berbagai masalah buang air besar bisa dicegah. Kandungan dalam pepaya yang disebut sebagai enzim papain juga diyakini sangat baik bagi saluran pencernaan.

Selain daging buahnya, biji pepaya ternyata juga bisa memberikan kebaikan bagi kesehatan karena memiliki sifat anti inflamasi dan anti bakteri. Selain itu, pakar kesehatan juga menyebutkan jika biji pepaya memiliki sifat anti virus yang bisa membuat tubuh mampu mengatasi berbagai virus ringan, selain itu, biji pepaya juga memiliki senyawa yang disebut sebagai imuno-modulator, sebuah senyawa yang mampu menghambat pertumbuhan tumor sehingga mampu mencegah penyakit kanker. Biji pepaya diyakini bisa menjaga kesehatan hati, ginjal, dan sistem pencernaan secara keseluruhan.

Bagi kesehatan hati, biji pepaya yang dikeringkan lalu ditumbuh dengan halus bisa dicampur dengan air jeruk nipis. Campuran ini diyakini akan sangat baik dalam mencegah masalah sirosis hati, sebuah kondisi dimana hati mengalami pengerasan dan penyusutan sehingga hati tidak bisa melakukan fungsi utamanya untuk menyaring berbagai racun pada tubuh. Selain itu, Biji pepaya yang telah dihaluskan juga bisa dicampur dengan gula dan menjadi minuman yang diyakini mampu mencegah penyakit ginjal.

Baca Juga:  Bunga Pukul Empat - Pengobatan Alternatif

Khasiat terakhir yang bisa ditemukan pada buah pepaya adalah kemampuannya untuk mengatasi masalah arthritis atau penyakit persendian dan juga cacingan. Sebuah penelitian yang dirilis oleh Asia Pasific Journal of Tropical Medicine pada tahun 2011 menunjukkan fakta dimana pepaya memiliki senyawa alkaloid carpaine yang sangat efektif mengatasi berbagai parasit dan mengatasi masalah cacingan.