Berbagai Manfaat Kopi Hitam; Salah Satunya Mencegah Kanker Hati

DokterSehat.Com – Kopi adalah salah satu minuman yang kerap dikonsumsi oleh masyarakat tanah air. Cukup banyak orang yang bahkan mengaku kurang bersemangat untuk beraktifitas jika belum benar-benar minum kopi. Salah satu jenis kopi yang memiliki banyak penggemar adalah kopi hitam. Dibalik rasanya yang nikmat dan mantap, pakar kesehatan menyebutkan bahwa kopi hitam ternyata kaya akan berbagai nutrisi sehat dan antioksidan. Dengan mengkonsumsi kopi ini, kita pun bisa mendapatkan manfaat kesehatan seperti berikut ini.

doktersehat-kopi-demensia

Menjaga kesehatan hati
Pakar kesehatan menyebutkan jika kopi hitam ternyata mampu mencegah penyakit yang bisa menyerang hati layaknya kanker hati, sirosis hati, perlemakan hati, hingga hepatitis. Sebuah penelitian bahkan menyebutkan jika konsumsi 4 cangkir kopi hitam atau lebih setiap harinya bisa menurunkan resiko terkena berbagai masalah kesehatan hati hingga 80 persen.

Membersihkan perut
Kopi termasuk dalam minuman diuretik yang akan membuat kita kerap buang air kecil setelah mengkonsumsinya. Hal ini berarti, jika kita mengkonsumsi kopi hitam tanpa gula, maka semua jenis racun dan bakteri dalam saluran pencernaan bisa keluar melalui air seni tersebut. Hal ini ternyata bisa membantu perut menjadi semakin bersih.

Membuat daya ingat dan kecerdasan meningkat
Kopi ternyata memiliki stimulant psikoaktif yang bisa membuat fungsi kognitif, suasana hati, dan energi tubuh menjadi lebih baik. Hal ini tentu akan membuat kita menjadi semakin cerdas. Tak hanya itu, konsumsi kopi secara teratur juga akan membuat otak tetap aktif sehingga membantu mempertahankan daya ingat sekaligus menurunkan resiko terkena penyakit Alzheimer hingga 65 persen dan penyakit Parkinson hingga 60 persen lebih rendah.

Menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah
Konsumsi kopi hitam secara teratur bisa menurunkan tekanan darah untuk sementara waktu. Selain itu, jika kita mengkonsumsi 1 atau 2 cangkir kopi hitam setiap harinya, resiko terkena stroke dan penyakit kardiovaskular juga bisa ditekan.

Baca Juga:  Tips Mengatasi Rambut Bercabang

Menurunkan berat badan
Kopi hitam bisa meningkatkan kinerja sistem metabolisme tubuh hingga 50 persen sehingga tubuh pun akan membakar lemak pada perut dengan lebih banyak. Kita pun akan bisa menurunkan berat badan dengan lebih banyak.