Berbagai Manfaat Ketimun Untuk Kesehatan

DokterSehat.Com – Ketimun sering dianggap sebagai sayuran, tetapi sesungguhnya ketimun adalah buah, karena ketimun memiliki biji dan tumbuh dari ovarium tanaman yang berbunga. Ketimun seringkali kita temukan dalam makanan sehari hari dalam bentuk lalapan. Ketimun sendiri memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan :



  1. Hidrasi/ memenuhi kebutuhan air dalam tubuh

Ketimun memiliki kandungan air hingga 95%, ini membuat ketimun baik untuk memenuhi kebutuhan air dalam tubuh kita.

  1. Pencegahan kanker

Ketimun memiliki kandungan phytonutrient yaitu lignan dan cucurbitacin yang berguna sebagai antikanker. Menurut jurnal scientific world, curcubitan bisa membantu mencegah pembelahan sel sel kanker, salah satunya yaitu kanker pankreas. Pada penelitian lain juga dinyatakan bahwa lignan berguna untuk mencegah kanker ovarium, payudara, dan kanker rahim.

  1. Kulit

Ketimun memiliki efek menyejukkan, mengurangi pembengkakan, iritasi , dan peradangan bila diletakkan langsung di daerah yang mengalami pembengkakan, iritasi dan peradangan. Irisan ketimun juga bisa diletakkan di mata untuk menurunkan atau mengurangi pembengkakan pada mata dan juga bisa digunakan untuk mengobati kulit yang terkena sengatan matahari.

  1. Kesehatan Tulang

Ketimun memiliki kandungan Vitamin K yang dapat berguna untuk kesehatan tulang, mengurangi risiko patah pada tulang karena tubuh menggunakan Vitamin K ketika melakukan pembentukan tulang.

  1. Antioksidan

Ketimun memiliki berbagai kandungan nutrisi yang dapat berperan sebagai antioksidan, yaitu vitamin C, betakaroten, dan manganese.

  1. Kesehatan jantung

Memakan berbagai macam buah dan sayuran bisa berguna untuk mengurangi risiko penyakit jantung, diabetes, stroke, dan obesitas. Ketimun juga memiliki kandungan kalium yang baik bagi kesehatan, salah satunya untuk menurunkan tekanan darah.

Begitu banyak manfaat pencegahan penyakit hanya dalam satu buah, maka makan buah dan sayuran setiap hari sangat baik dan bermanfaat bagi kesehatan kita. Gaya hidup dan pola makan fast food tanpa sayur dan buah sangat merugikan dan tidak menyehatkan. Mulai sekarang ubahlah pola makan sehari-hari untuk mendapatkan kesehatan dan kebugaran yang lebih baik.