Berbagai Manfaat Kesehatan Kunyit Asam Bagi Wanita

DokterSehat.Com– Meskipun kita sudah hidup di jaman yang modern, dalam realitanya kita masih banyak menggunakan terapi atau obat-obatan tradisional dalam kehidupan sehari-hari. Tak percaya? Sebagian besar masyarakat tanah air masih mempercayai pengobatan tradisional berupa kerokan yang diyakini bisa mengatasi masalah masuk angin atau saat badan terasa pegal-pegal. Selain itu, masih banyak pula orang-orang yang mengkonsumsi jamu demi menjaga kesehatan tubuhnya. Salah satu jamu yang dianggap sangat baik bagi kesehatan kaum hawa adalah jamu kunyit asam. Biasanya, wanita akan mengkonsumsi jamu ini saat mulai mengalami menstruasi. Sebenarnya apa sajakah manfaat kesehatan dari kunyit asam bagi wanita?

doktersehat-kunyit-perut

Pakar kesehatan menyebutkan jika kunyit asam memang mampu meredakan rasa nyeri yang memang bisa muncul saat menstruasi tiba. Tak hanya itu, kunyit asam ternyata kaya akan kandungan serat yang tentu akan membuat saluran pencernaan menjadi lebih sehat. Pakar kesehatan sendiri menyarankan kaum hawa untuk memasukkan jamu kunyit asam sebagai salah satu bahan makanan yang sebaiknya dikonsumsi jika sedang melakukan program diet mengingat kemampuannya dalam melancarkan pencernaan sekaligus mengikis timbunan lemak yang ada dalam tubuh. Selain itu, kunyit asam juga akan mengatasi masalah susah buang air besar dengan cukup efektif. Hal ini tentu bisa berimbas pada berat badan yang akan turun.

Meskipun kaya akan manfaat kesehatan, pakar kesehatan menyarankan kaum hawa untuk tidak sembarangan dalam mengkonsumsi jamu kunyit asam ini. Bagaimana tidak, konsumsi jamu ini setiap hari ternyata bisa memberikan pengaruh buruk bagi saluran pencernaan. Melihat adanya fakta ini, kita sebaiknya hanya mengkonsumsi jamu kunyit asam sesekali atau seperlunya saja demi mencegah datangnya efek samping yang tidak diinginkan.