Berbagai Manfaat Kesehatan Dari Memancing

DokterSehat.Com – Untuk menikmati waktu luang di akhir pekan, cukup banyak orang yang memilih untuk pergi memancing. Meskipun terlihat sebagai hal yang membosankan bagi sebagian orang karena membuat kita harus menunggu umpan disambar oleh ikan, pakar kesehatan menyebutkan bahwa memancing ternyata bisa memberikan banyak sekali dampak positif bagi kesehatan tubuh. Apa sajakah dampak kesehatan tersebut?



Memancing ternyata memiliki manfaat seperti olahraga
Meskipun terlihat seperti aktifitas yang santai, dalam realitanya memancing sebenarnya membuat kita melakukan aktifitas fisik seperti berjalan kaki menyusuri sungai, membawa berbagai peralatan memancing yang cukup berat, hingga mengayunkan kail agar bisa sampai di posisi yang banyak ikannya.

Baik untuk persendian dan otot
Gerakan fisik saat menyusuri sungai dan mengayunkan kail sangatlah bertumpu pada lutut kaki kita. hal ini ternyata bisa membuat persendian dan otot pada kaki menjadi semakin kuat dan sehat.

Melepaskan stress
Salah satu kelebihan dari memancing adalah kemampuannya untuk membuat kita mengatasi stress. Dengan memancing, kita bisa mendapatkan sensasi relaksasi saat menikmati pemandangan alam di sekitar sungai, danau, atau laut. Kita juga akan terbebas dari berbagai peralatan teknologi dalam waktu yang sangat lama. Jika kita memancing sejak pagi buta, kita juga bisa menikmati hangatnya paparan sinar matahari pagi. Hal ini akan membuat otak dan pikiran menjadi semakin rileks.

Melatih motorik
Bagi mereka yang sudah berusia lanjut, memancing bisa menjadi hobi yang mampu menjaga kesehatan tubuh. Berbagai gerakan dalam memancing ternyata akan melatih kemampuan motorik halus tubuh sehingga bisa membuatnya tetap berfungsi dengan baik. Gerakan-gerakan saat memancing ternyata juga bisa melatih lengan dan punggung para lansia sehingga membuat tubuh tidak mudah terkena nyeri.