Berbagai Manfaat Kesehatan Dari Daun Salam

DokterSehat.Com– Kita mengenal daun salam sebagai bumbu masakan. Baik itu dalam bentuk kering maupun segar, daun salam bisa menjadi penyedap alami yang tentu bisa membuat masakan menjadi semakin nikmat. Tak disangka, dibalik kemampuannya dalam membuat masakan semakin sedap, daun salam ternyata juga mampu memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh. Apa sajakah manfaat kesehatan yang ditawarkan oleh daun salam?

doktersehat-daun-salam-bayleaf

Baik untuk penderita diabetes
Bagi mereka yang menderita diabetes, ada baiknya kerap mengkonsumsi daun salam. Daun ini ternyata kaya akan kandungan antioksidan yang bisa membantu proses produksi insulin pada tubuh dengan baik. Tak hanya itu, daun salam ternyata juga bisa membantu proses penurunan kadar gula dan kolesterol dalam darah. Beberapa penelitian kesehatan juga membuktikan bahwa daun salam bisa mengobati diabetes tipe 2.

Mengendalikan tekanan darah
Di dalam daun salam, kita bisa menemukan kandungan flavonoid yang ternyata mampu membantu tubuh mengendalikan tekanan darah. Kita hanya perlu mengambil 10 lembar daun salam untuk kemudian direbus bersama dengan 3 gelas air. Dengan rutin meminum air rebusan daun salam ini setidaknya sekali setiap hari, maka kita bisa menurunkan tekanan darah dengan signifikan.

Mengatasi batuk
Jika kita terkena batuk dan tidak kunjung sembuh, maka ada baiknya kita mencoba ramuan dari daun salam. Rebuslah 2 lembar daun salam dengan segelas air terlebih dahulu. Setelah didinginkan selama 10 ment, kita hanya perlu merendam kain bersih pada ramuan tersebut dan kemudian usap-usapkan kain ini pada dada. Hal ini dipercaya bisa meredakan batuk.

Mencegah kanker dan penyakit jantung
Di dalam daun salam, kita bisa menemukan kandungan parthenolide yang bisa menurunkan resiko terkena kanker serviks. Karena alasan inilah kaum hawa sebaiknya rutin mengkonsumsi air rebusan daun salam. Tak hanya itu, di dalam daun salam, kita bisa menemukan kandungan asam caffeic dan salisilat yang bisa menurunkan resiko terkena serangan jantung.