Berbagai Manfaat Daun Selada Bagi Kesehatan

DokterSehat.Com– Kita mengenal daun selada sebagai salah satu sayuran yang dijadikan lalapan atau bahan campuran gado-gado. Tak hanya memiliki rasa yang menyegarkan, selada ternyata kaya akan kandungan nutrisi seperti vitamin A, vitamin K, zat besi, kalium, kalsium, serat, dan asam folat. Sebuah penelitian bahkan menyebutkan bahwa mengkonsumsi secangkir selada sudah bisa memenuhi 82 persen kebutuhan harian vitamin A dan 60 persen kebutuhan harian vitamin K.



Berikut adalah berbagai manfaat sehat dari daun selada.

Membuat jantung sehat
Tingginya kadar asam folat pada daun selada bisa membuat kita menurunkan resiko terkena stroke, penyakit arteri koroner, hingga emboli pada paru-paru. Kandungan vitamin A dan C pada selada juga bisa berfungsi sebagai antioksidan yang bisa mencegah datangnya penyakit jantung.

Menjaga kesehatan kulit
Kandungan vitamin A dan C bisa membuat kulit semakin sehat, kenyal, dan kencang. Tak hanya itu, selada yang kaya kandungan air akan membuat kulit terjaga kelembaban alaminya.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Kandungan vitamin dalam selada mampu memperkuat sel imun tubuh sehingga akan lebih baik dalam melawan berbagai virus dan kuman penyebab penyakit. Sebagai contoh, vitamin A bisa mengatasi peradangan, infeksi, hingga kerusakan sel pada tubuh.

Baik bagi kesehatan mata
Sudah menjadi rahasia umum jika vitamin A bisa mendukung kesehatan mata. Dengan rutin mengkonsumsi selada, maka kita pun akan mencegah datangnya penyakit seperti glaucoma, katarak, dan penurunan penglihatan pada lansia.

Mencegah pengeroposan tulang
Tingginya kadar vitamin K dan kalsium pada selada bisa membuat kita mencegah penyakit pengeroposan tulang seperti osteoporosis dan osteopenia.

Baik bagi ibu hamil
Kandungan asam folat bisa menurunkan resiko melahirkan bayi dengan kecacatan. Selain itu, kandungan vitamin K bisa mencegah pendarahan setelah proses persalinan. Karena alasan inilah ibu hamil sangat direkomendasikan untuk mengkonsumsi daun selada.