Berbagai Manfaat Binahong untuk Tubuh

DokterSehat.Com – Tanaman binahong tumbuh merambat, sangat mudah hidup pada kondisi yang sejuk atau hangat dengan pengairan yang cukup. berawal saat sakit types selama berbulan-bulan badan selalu lemas, dan sulit untuk di ajak kerja keras, keluar darah saat ke belakang, sering pusing (nggliyeng) jika perut kosong, dan banyak lagi. karena itu terus cari cari artikel di internet mengnenai asam lambung, mengenai menyembuhkan luka di dalam tubuh dan akhirnya ketemu dengan artikel yang memuat tentang manfaat binahong. Sering digunakan sebagai gendola atau gapura yang melingkar di atas jalan taman, ada yang menamainya binahong dan berasal dari Korea. Namun tanaman ini sebenarnya sudah lama ada di Indonesia dan biasa disebut gendola (Basella rubra Linn).



Hampir semua bagian tanaman binahong seperti umbi, batang dan daun dapat digunakan dalam terapi herbal. Kini bibitnya mudah dibeli di objek wisata Kopeng. Tanaman ini memang tumbuh baik dalam lingkungan yang dingin dan lembab.

Manfaat tanaman ini sudah dipetik Soejiyo, mantan karyawan Kanindotex yang biasa nglaju Solo-Semarang setiap kali bekerja. Katanya, binahong adalah herba yang dapat memulihkan stamina yang loyo.

Selain meningkatkan vitalitas pria, binahong dapat menyembuhkan luka dalam dan luar seperti setelah operasi, typus, maag, radang usus dan ambeien. Dapat pula mengatasi pembengkakan dan pembekuan darah, memulihkan kondisi lemah setelah sakit, rematik, luka memar terpukul, asam urat dan mencegah stroke.

Manfaat binahong bagi kulit

Manfaat binahong untuk kulit wajah yaitu untuk mengatasi jerawat yang muncul di wajah Anda, kandungan zat di dalam daun binahong dapat secara efektif membunuh bakteri yang menyebabkan timbulnya jerawat. Cara menggunakan daun binahong untuk mengatasi jerawat yaitu dengan mengoleskan daun binahong yang sudah dihaluskan secara teratur. Penggunaan yang teratur akan mempercepat proses penyembuhan jerawat. Selain itu, daun binahong akan membuat kulit menjadi halus dan cerah.

Manfaat binahong bagi kesehatan

manfaat binahong bagi kesehatan juga tidak bisa dipungkiri lagi, manfaat untuk kesehatan sangatlah beragam. Salah satu manfaat daun binahong untuk kesehatan yaitu mengobati maag. Penyakit ini terjadi karena lambung memproduksi asam lambung yang berlebih. Dengan mengkonsumsi daun binahong, maka asam lambung Anda akan menjadi normal kembali. Selain itu, daun binahong juga bermanfaat untuk antioksidan yang efektif menangkal radikal bebas pada tubuh Anda. Dengan kandungan antioksidan, maka akan membuat tubuh Anda menjadi lebih sehat dan terhindar dari berbagai macam jenis penyakit yang berbahaya

Baca Juga:  Benarkah Stetoskop Dapat Membawa Kuman

Manfaat binahong untuk asam urat

Ternyata, daun binahong juga dapat mengatasi asam urat pada tubuh Anda. Asam urat adalah penyakit yang menyerang pada bagian persendian tubuh Anda, penderita asam urat akan merasakan nyeri yang sangat hebat pada bagian persendian. Hal ini pastinya membuat Anda tidak merasa nyaman dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Dalam keadaan asam urat yang sudah parah, maka akan terjadi pembengkakan pada sendi. Selain itu juga akan terjadi peradangan pada bagian sendi, binahong dapat secara aktif mengatasi asam urat pada sendi tubuh Anda. Kandungan zat pada daun binahong akan menetralisir kandungan asam urat yang tinggi pada persendian. Manfaat binahong untuk asam urat dapat dengan mudah Anda dapatkan dengan mengkonsumsi rebusan daun binahong secara rutin.

Binahong juga bermanfaat untuk mengatasi kolesterol jahat pada tubuh Anda, daun binahong akan menetralisir kandungan kolesterol jahat yang terdapat pada pembuluh darah. Kolesterol pada pembuluh darah akan mengakibatkan adanya plak pada pembuluh darah. Hal ini akan mengakibatkan terjadinya penyumbatan pembuluh darah, adanya penyumbatan ini akan mengakibatkan aliran darah menuju jantung menjadi terhambat. Pastinya hal ini sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh. Kolesterol tinggi yang dibiarkan saja dapat memicu penyakit lain seperti jantung dan stroke.  Manfaat binahong untuk kolesterol juga sangat mudah untuk Anda dapatkan. Dengan mengkonsumsi air rebusan daun binahong, Anda bisa membuat kolesterol jahat Anda akan hilang dari tubuh Anda.