Berbagai Manfaat Air Garam Bagi Kesehatan Tubuh

DokterSehat.Com– Kebanyakan orang hanya akan menggunakan air garam tatkala mengalami radang tenggorokan. Dengan berkumur-kumur dengan air garam ini, kita bisa meringankan radang tenggorokan tersebut dengan cepat. Tak disangka, air garam ternyata bisa memberikan manfaat yang jauh lebih banyak daripada sekadar mengatasi radang tenggorokan. Apa sajakah manfaat dari air garam bagi kesehatan tubuh kita?

doktersehat-minum-air-putih-sehat

Membantu tubuh terhidrasi
Mengkonsumsi garam dengan berlebihan bisa membuat kita mengalami dehidrasi sehingga kita pun akan terus merasa haus. Namun, menurut pakar kesehatan, jika kita mengkonsumsi air garam dengan porsi yang tepat, maka kita justru bisa membuat tubuh terhidrasi dengan baik.

Mengatasi jerawat
Air garam ternyata bisa digunakan untuk mengatasi masalah jerawat atau membuat kulit tetap halus. Kita hanya perlu menggunakannya sebagai kompres kulit untuk mendapatkan manfaat tersebut.

Detoksifikasi tubuh
Dengan mengkonsumsi air garam, maka kita akan membunuh berbagai bakteri atau bahkan membantu proses pengeluaran berbagai racun di dalam tubuh. Pakar kesehatan sendiri menyarankan konsumsi air hangat yang sudah dicampur dengan  setengah sendok teh air garam saat pagi hari untuk membantu proses detoksifikasi pada tubuh.

Menyehatkan hati
Menurut pakar kesehatan, air garam ternyata bisa membantu proses regenerasi sel-sel yang sangat penting pada organ hati atau liver, jantung, hingga paru-paru. Dengan konsumsi air garam dengan porsi yang tepat, maka organ hati pun akan menjadi lebih sehat dan mencegahnya terkena berbagai penyakit yang berbahaya.

Meningkatkan kualitas tidur
Air garam ternyata bisa kita gunakan untuk mengatasi masalah susah tidur atau insomnia. Kita hanya perlu mengkonsumsi air garam ini sebelum tidur. Tubuh pun akan menyerap nutrisi dalam air garam ini dan membuat pikiran menjadi lebih tenang sehingga kita pun akan segera terlelap.