Berbagai Makanan Ini Bisa Menurunkan Kolesterol

DokterSehat.Com– Hari Raya Idul Adha ini identik dengan melimpahnya daging kurban seperti daging kambing atau daging sapi. Dibalik rasa makanan ini yang enak, banyak orang yang khawatir akan mengalami masalah kenaikan kolesterol pada tubuh karena mengkonsumsinya. Beruntung, pakar kesehatan menyebutkan bahwa kita bisa mengkonsumsi beberapa makanan yang bisa menurunkan kolesterol seperti sebagai berikut.

doktersehat-sayur-sehat-makan

Biji-bijian
Makanan berjenis biji-bijian seperti gandum atau serelia dengan kulit ari yang masih utuh memiliki kemampuan efektif dalam menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam darah.

Buah-buahan
Beberapa jenis buah-buahan seperti apel, anggur, stroberi, dan juga jeruk kaya akan kandungan pektin, semacam serat larut yang bisa melawan kolesterol jahat atau LDL. Selain itu, kita juga bisa mengkonsumsi sayuran terong yang kaya akan serat larut dan buah alpukat yang kaya akan kandungan lemak tak jenuh yang juga bisa menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Kedelai
Kedelai dan berbagai produk olahan dari kedelai seperti tempe, tahu, atau bahkan susu kedelai sangat baik untuk dikonsumsi jika ingin menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh.

Ikan
Pakar kesehatan merekomendasikan konsumsi ikan 2 hingga 3 porsi setiap minggunya agar bisa menekan kadar kolesterol LDL. Ada baiknya ikan yang dipilih adalah ikan yang kaya akan kandungan asam lemak omega 3 seperti pada ikan tuna atau ikan salmon yang mampu menekan kadar LDL dalam darah.

Makanan yang kaya akan stanol dan sterol
Sayuran, biji-bijian, buah-buahan, serta kacang-kacang yang kaya akan kandungan stanol dan sterol sangatlah direkomendasikan untuk dikonsumsi karena kemampuan kedua kandungan ini dalam menyerap kolesterol pada aliran darah. Setelahnya, kolesterol ini kemudian bisa keluar bersama dengan kotoran saat buang air besar. Pakar kesehatan menyebutkan bahwa mengkonsumsi sterol dan stanol 2 gram saja setiap hari sudah bisa menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh hingga 10 persen.