Berbagai Kondisi Testis Yang Terjadi Pada Pria

DokterSehat.Com – Buah zakar atau testis adalah salah satu bagian tubuh yang sangat penting bagi pria. Bagaimana tidak, pada organ tubuh inilah produksi sperma terjadi sehingga menentukan kesuburannya. Pakar kesehatan menyebutkan jika testis pada pria bisa mengalami berbagai kondisi layaknya mengkerut, berkeringat, hingga lembab. Selain itu, ada pula beberapa kondisi testis yang bisa menjadi tanda adanya kondisi kesehatan tertentu pada pria. Seperti apakah kondisi testis tersebut?

doktersehat-Pembesaran-Prostat-Jinak-kanker-testis

Testis mengeluarkan banyak keringat
Salah satu ciri khas dari lapisan kulit testis adalah kecenderungannya untuk terlihat mengkerut. Hal ini ternyata bisa membuat area testis menjadi cenderung lebih lembab dan mengeluarkan banyak keringat. Pakar kesehatan menyebutkan jika kondisi testis yang mengeluarkan banyak keringat ini tidak perlu dikhawatirkan oleh kaum pria karena hal ini sangatlah normal terjadi. Selain karena mudah mengeluarkan keringat, area testis juga bisa menjadi lebih lembab karena terkena percikan air saat mencuci penis setelah buang air kecil atau buang air besar.

Ukuran testis membesar
Normalnya, testis pria memiliki bentuk yang cenderung lembek dan berukuran kecil. Namun, andai pria mengalami rangsangan seksual, ukuran testis ini bisa mengalami pembesaran hingga dua kali lipat. Pakar kesehatan menyebutkan jika saat berhubungan intim, testis pria juga akan ikut membesar dan setelah hubungan intim ini usai dilakukan, ukuran testis biasanya akan kembali mengempis seperti sedia kala.

Testis besar sebelah
Layaknya payudara wanita, buah zakar ternyata juga bisa mengalami perbedaan ukuran. Biasanya, testis di sebelah kiri akan cenderung lebih lunak dan lebih besar dari testis sebelah kanan.

Rasa Sakit muncul andai testis diputar
Normalnya, testis akan terasa sakit andai digerakkan atau diputar. Hal ini terjadi karena sirkulasi darah mengalami hambatan tatkala testis diputar.

Terkadang testis berwarna kebiruan
Pakar kesehatan menyebutkan jika andai testis berwarna kebiruan, maka hal ini adalah tanda akan adanya penumpukan cairan pada testis yang biasanya akan terasa sangat tidak nyaman.