Berbagai Khasiat Kunyit Bagi Kesehatan

DokterSehat.com – Kunyit, bumbu masak yang kerap digunakan sebagai pewarna makanan ini ternyata juga memiliki banyak khasiat kesehatan. Kunyit mengandung senyawa kimia yaitu minyak atsiri dan kurkumin. Aroma khas kunyit berasal dari minyak atsiri yang mengandung alkohol seskuiterpen. Rimpang kunyit juga mengandung kalsium, protein, besi, fosfor, lemak, dan gom.



Pengguanaan kunyit sebagai obat dan pewarna sudah digunakan sejak lama. Kunyit banyak dimanfaatkan untuk pengobatan karena memiliki kualitas antiseptik dan antibakteri, mampu menyembuhkan psoriasis dan peradangan sendi, memiliki efek yang sama dengan fluoride untuk gigi, dan membantu masalah percernaan dan depresi. Berikut ini beberapa khasiat pengobatan kunyit bagi kesehatan tubuh:

1. Kunyit memiliki khasiat antivirus, antiradang, antimikroba, dan berpotensi meningkatkan jumlah antioksidan dalam tubuh. Kunyit mengandung senyawa fenolik alami yang bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

2. Kunyit berpotensi mengobati kanker. Pada penderita kanker, sel-sel kanker menjalar melalui pembuluh darah (metastasis) serta jaringannya menjadi tumor. Terjadi pula angiogenesis yakni pertumbuhan pembuluh darah baru yang menyebar ke arah tumor untuk suplai oksigen, nutrien, dan sirkulasi kotoran. Kurkumin yang terkandung dalam kunyit mampu mengobati kanker dengan cara menghambat laju pertumbuhan pembuluh-pembuluh darah baru tersebut.

3. Masalah haid yang kerap dikeluhkan wanita juga bisa diatasi dengan kunyit. Kunyit bisa melancarkan darah haid dan mengurangi rasa nyeri dan letih saat datang bulan.

4. Sebagai antikoagulan alami, kunyit bisa mencegah pembekuan darah dan terjadinya trombosis.

5. Kunyit bisa menurunkan tekanan darah, sakit lambung, mengobati diare, usus buntu, asma, dan rematik.

6. Kunyit memiliki sifat analgesik alami sehinga dapat menghambat Cox-2 yang menyebabkan munculnya rasa nyeri. Penyakit artritis dan rheumatoid artritis bisa diobati dengan kunyit karena sifatnya analgesik dan antiinflamasi.

Baca Juga:  Mempercepat Proses Penyembuhan Pasien Dengan Membawa Makanan yang Akomodatif

7. Penyakit pikun bisa diperlambat dengan rutin mengonsumsi kunyit dalam makanan. Salah satu penyakit pikun yang umumnya terjadi saat usia tua adalah penyakit alzheimer. Saat kapasitas fisik otak berkurang, kunyit berpotensi memperpanjang jangka waktu abilitas kognitif otak. Beberapa penelitian membuktikan bahwa manula di Asia yang rutin mengkonsumsi kare dengan kandungan kunyit memiliki ingatan yang lebih baik daripada manula di benua lain.