Berbagai Kebaikan yang Ditawarkan Oleh Sayuran Kembang Kol

DokterSehat.Com – Salah satu sayuran yang dianggap sebagai sayuran yang sehat namun nikmat untuk disantap adalah kembang kol. Pakar kesehatan menyebutkan jika kembang kol bisa diolah dengan berbagai cara, baik itu dengan direbus, dijadikan sayur bening, ditumis, atau dicampurkan dengan bahan makanan lain. Dibalik rasanya yang nikmat, kembang kol ternyata juga dikenal luas memiliki banyak sekali kebaikan bagi kesehatan tubuh kita. Apa sajakah kebaikan yang ditawarkan oleh sayuran ini?

pic credit: christoper pati

Pakar kesehatan menyebutkan jika kembang kol ternyata termasuk dalam makanan yang rendah kalori, rendah lemak, dan memiliki banyak sekali kandungan vitamin bagi tubuh. Alhasil, banyak pakar kesehatan yang merekomendasikan kembang kol sebagai bahan makanan yang disantap andai kita ingin melakukan program penurunan berat badan. Untuk mendapatkan kebaikannya, kita bisa saja menyantap kembang kol bersama dengan nasi beras merah, beberapa jenis sayuran sehat lainnya, hingga ikan laut yang memang kaya akan kandungan gizi.

Penelitian yang hasilnya diterbitkan dalam jurnal Nutrition and Metabolism menyebutkan jika kembang kol termasuk dalam makanan yang kaya akan berbagai nutrisi dan vitamin yang bisa membuat kita mengatasi lemak yang menumpuk pada tubuh. Selain itu, nutrisi dari sayuran ini juga akan melindungi organ-organ penting layaknya liver, jantung, hingga paru-paru. Karena alasan inilah, pakar kesehatan menyebutkan jika rutin mengkonsumsi sayuran ini bisa menghindarkan kita dari berbagai penyakit berbahaya layaknya serangan jantung, stroke, diabetes, hingga kanker.

Selain konsumsi kembang kol dengan teratur, kita tentu tidak boleh lupa untuk menerapkan gaya hidup sehat dengan cara rutin berolahraga, mendapatkan waktu tidur malam yang cukup, hingga mengendalikan stres dengan baik. Dengan melakukan hal-hal tersebut, maka kesehatan tubuh kita pun akan terjaga dengan baik.