Berbagai Kebaikan Lobak, Makanan yang Disukai Orang Jepang

DokterSehat.Com – Andai kita melihat acara memasak makanan Jepang atau mengunjungi restoran makanan Jepang, tentu bukan hal yang aneh untuk menemukan lobak pada berbagai menu makanan. Masyarakat Jepang memang diketahui sangat menggemari sayuran yang memiliki beragam warna ini dan kesukaan ini ternyata memiliki alasan tersendiri. Lobak ternyata diketahui memberikan berbagai manfaat kesehatan bagi tubuh. Apa sajakah sebenarnya kebaikan lobak yang bisa kita dapatkan andai kerap mengkonsumsinya?

doktersehat-lobak

Menjaga kesehatan jantung
Pakar kesehatan menyebutkan jika lobak ternyata sangat kaya akan antosianin, semacam flavonoid yang sangat baik bagi kesehatan organ-organ kardiovaskular. Antosianin ini secara efektif mencegah pengerasan dan juga peradangan pada pembuluh darah arteri dan vena. Selain itu, lobak ternyata kaya akan kandungan potassium yang bisa membuat tubuh lebih baik dalam menjaga tekanan darah tetap normal dan membuat sirkulasi darah menjadi lebih lancar.

Menjaga kesehatan hati
Lobak ternyata memiliki kemampuan luar biasa dalam membuang racun pada darah dan tubuh secara keseluruhan. Bahkan, lobak juga mampu mengendalikan level bilirubin pada penderita penyakit jaundice atau penyakit kuning.

Mencegah infeksi saluran kemih
Lobak termasuk dalam diuretik alami yang mampu membuat produksi urine alami pada tubuh semakin lancar. Bagi kaum hawa yang memang rentan terkena infeksi saluran kemih, ada baiknya mulai rutin mengkonsumsi dua gelas jus lobak dalam sepekan untuk mencegah masalah kesehatan ini.

Membantu menurunkan berat badan
Lobak dikenal sebagai bahan makanan yang kaya akan serat, vitamin C, magnesium, potasium, hingga kalsium, namun memiliki kadar karbohidrat yang rendah. Lobak juga memiliki kemampuan untuk meningkatkan metabolisme tubuh sehingga sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi andai kita ingin menurunkan berat badan.

Baca Juga:  Alasan Mengapa Puting Perempuan Bisa Berubah Bentuk

Merawat kesehatan kulit
Kita bisa mendapatkan kandungan vitamin C, seng, fosfor, hingga vitamin B kompleks yang sangat baik bagi kesehatan kulit dari sayuran lobak. Selain itu, tingginya kandungan vitamin C pada lobak akan semakin memperkuat sistem kekebalan tubuh kita.