Berbagai Jenis Batu Ginjal

DokterSehat.com – Batu ginjal adalah sebuah penyakit yang sangat biasa ditemukan masyarakat yang telah berumur di Indonesia. Batu ginjal umumnya berupa gumpalan kecil yang mengeras dan terbentuk di dalam ginjal anda. Biasanya, batu ginjal terbentuk karena adanya mineral dan asam garam yang mengkristal dan membatu di ginjal, dan kemudian turun ke saluran urine. Banyak yang mengira jika batu ginjal hanya memiliki satu jenis yang mengganggu kesehatan tubuh, namun, pada kenyataannya, ada beberapa jenis dari batu ginjal yang dapat diklasifikasikan sebagai berikut:

14

  • Batu kalsium adalah jenis batu ginjal yang paling biasa dialami oleh banyak orang. Kalsium pembentuk batu ginjal ini adalah sejenis kalsium oxalate yang biasa ditemui pada makanan-makanan yang dengan mudah kita konsumsi seperti sayuran, kacang, hati, maupun cokelat. Namun penyebab lain adanya peningkatan konsentrasi kalsium oxalate juga bisa berasal dari efek operasi saluran pencernaan, konsumsi vitamin D dosis tinggi, maupun masalah metabolism.
  • Batu ginjal jenis kedua adalah batu struvite. Batu ini muncul karena adanya respon akan adanya infeksi, sebagai contoh adalah infeksi saluran urin.
  • Hati-hati jika anda sering mengalami dehidrasi atau memiliki hobi makan makanan yang memiliki kadar protein terlalu tinggi. Dengan adanya faktor genetic seperti kelainan jaringan penghasil darah dapat memicu adanya penyakit batu ginjal batu urif acid.
  • Jenis batu ginjal berikutnya adalah batu cystine. Kasus batu ini biasanya dikarenakan faktor keturunan dan cukup langka terjadi. Kelainan keturunan ini berupa ginjal menghasilkan asam amino dalam jumlah banyak dan kemudian dapat membatu.

Melihat banyaknya jenis dan faktor pembentuknya, maka kita harus semakin memperbaiki pola hidup kita agar dapat mencegah datangnya penyakit batu ginjal yang cukup menyakitkan ini.