Berbagai Hobi Ini Bisa Membuat Otak Kita Semakin Cerdas

DokterSehat.Com – Setiap orang memiliki hobi atau kebiasaan yang berbeda-beda. Dengan melakukan hobi tersebut, maka mereka bisa menghilangkan rasa bosan, membuat pikiran menjadi lebih rileks, dan bahkan menghilangkan stress. Pakar kesehatan berkata bahwa ada beberapa jenis hobi yang ternyata bisa membuat otak kita menjadi semakin cerdas. Apa sajakah hobi-hobi tersebut?

doktersehat-olahraga-gym-sehat

Menulis
Di jaman yang modern seperti sekarang ini, cukup mudah untuk menemukan mereka yang memiliki hobi menulis di blog atau media lainnya. Tak hanya membuat kita bisa berbagai banyak cerita, tips, hingga pengalaman, pakar kesehatan menyebutkan jika kebiasaan menulis ternyata bisa membuat otak menjadi semakin cerdas. Saat menulis, kita akan mendorong otak untuk berpikir lebih cerdas. Menulis juga membutuhkan kreativitas dan komitmen sehingga otak pun terus berkembang dan terasah.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal kesehatan Psychological Science menyebutkan jika menulis, apalagi menulis dengan tangan, ternyata bisa membuat kita lebih baik dalam memahami informasi dan pengetahuan. Hal ini berarti, kebiasaan ini membuat otak menjadi semakin cerdas.

Olahraga
Banyak orang berpikir jika aktifitas fisik tidak akan berpengaruh banyak bagi kecerdasan otak kita. Sayangnya, anggapan ini ternyata tidak benar. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di Harvard Medical School pada tahun 2013 kemarin, diketahui bahwa beberapa jenis olahraga, khususnya olahraga aerobic, ternyata mampu merangsang pelepasan senyawa irisin di dalam otak. Senyawa irisin ini ternyata mampu meningkatkan fungsi kognitif pada otak dan mencegahnya terkena masalah penuaan dini.

Memiliki tujuan hidup
Jika kita memiliki tujuan hidup atau keinginan untuk mewujudkan sesuatu dengan kuat, maka kita akan membuat otak menjadi lebih cerdas. Harvard Business Review menyebutkan jika mereka yang memiliki tujuan hidup akan cenderung memiliki rasa ingin tahu yang besar dan mau mempelajari berbagai hal yang mendukungnya mendapatkan tujuan hidup. Hal ini ternyata bisa membuat otak semakin berkembang ke arah yang positif dan lebih sehat.