Berbagai Hal Ini Bisa Menyebabkan Suara Serak

DokterSehat.Com– Kita tentu pernah merasakan sensasi tenggorokan yang tidak nyaman dan membuat suara menjadi lebih serak. Hal ini tentu sangat mengganggu karena bisa membuat aktifitas kita terhambat, bukan? Pakar kesehatan menyebutkan bahwa ada cukup banyak penyebab dari suara serak ini. Berikut adalah beberapa penyebab tersebut.

doktersehat-pembesaran-tonsil-kelenjar-gondok-amandel-tenggorokan-Hipotiroidisme-Kelenjar-Tiroid-Hipotiroid-Hipertiroid-mual-gangguan-kelenjar-tiroid

Merokok
Bagi mereka yang memiliki kebiasaan buruk merokok, kecenderungan untuk mengalami suara serak juga meningkat. Kandungan beracun di dalam asap rokok ternyata tidak hanya bisa mempengaruhi kesehatan paru-paru namun juga bisa menyebabkan laring atau pita suara mengalami kerusakan. Saat seorang perokok mulai merasakan suara serak, ada baiknya mereka segera menghentikan kebiasaan merokoknya dan berkonsultasi pada dokter agar bisa segera disembuhkan.

Masalah nodul dan polip
Kedua masalah kesehatan ini ternyata bisa menyebabkan benjolan pada pita suara yang ada di tenggorokan. Kondisi ini mirip dengan munculnya kapalan pada kaki kita. Hanya saja, kedua masalah kesehatan ini bisa disebabkan oleh kebiasaan kita yang berbicara terlalu banyak yang akhirnya berimbas pada terbukanya aparatus suara.

Pakar kesehatan biasanya menyarankan mereka yang sedang terkena masalah nodul untuk tidak berbicara untuk sementara waktu. Jika hal ini tidak juga mengobatinya, maka bisa jadi operasi harus dilakukan. Sementara itu, penyakit polip harus diobati dengan dioperasi.

Reflux gastroesophageal
Jika kita mengalami salah satu masalah kesehatan lambung ini, maka perut dan dada tentu akan merasakan sensasi tidak nyaman. Yang menjadi masalah adalah, naiknya asam lambung hingga ke ujung tenggorokan ini juga bisa menyentuh pita suara dan akhirnya bisa membuat kerusakan pada pita suara dan menyebabkan suara serak.

Untuk mengatasi masalah suara serak akibat reflux gastroesophageal, pakar kesehatan menyarankan kita untuk mengkonsumsi makanan yang cenderung lebih mudah dicerna.