Berbagai Hal Ini Bisa Membuat Payudara Mengeras

DokterSehat.Com– Payudara adalah salah satu bagian tubuh wanita yang paling indah dan menarik perhatian kaum pria. Biasanya payudara cenderung memiliki tekstur yang empuk. Namun, karena beberapa kondisi tertentu, payudara bisa menjadi lebih keras. Apa sajakah penyebab mengerasnya payudara wanita?

doktersehat-menstruasi-payudara-sakit-galaktorea

Perubahan hormon menjelang menstruasi
Saat PMS atau menjelang menstruasi, tubuh wanita akan mengalami peningkatan kadar hormon, khususnya hormon estrogen, dengan sangat signifikan. Hal ini akan membuat payudara mengeras, lebih tegang, dan terasa nyeri.

Udara dingin
Suhu udara yang sangat dingin ternyata juga bisa mempengaruhi kondisi payudara wanita, yakni membuat puting susu menjadi lebih keras. Saat tubuh menjadi lebih rileks atau berada dalam suhu udara yang tidak terlalu dingin, maka kondisi puting akan kembali normal

Sedang terangsang
Jika wanita sedang terangsang saat sedang melakukan foreplay menjelang berhubungan intim, maka payudaranya juga akan menjadi lebih keras. Yang menarik adalah, puting susu milik pria juga akan mengalami hal yang sama saat mendapatkan rangsangan seksual.

Tergesek atau tersentuh sesuatu
Payudara termasuk dalam bagian tubuh yang paling sensitif. Jika terkena gesekan atau tersentuh, maka otot-otot bagian bawah kulit payudara akan mengalami kontraksi sehingga akan membuatnya menjadi lebih keras.

Hormon saat hamil
Di masa-masa awal kehamilan, tubuh wanita akan mengalami peningkatan hormon yang akhirnya membuat payudaranya mengeras.

Menyusui
Selain saat hamil, ibu yang baru saja melahirkan akan mengalami payudara yang mengeras dan berukuran lebih besar karena memproduksi ASI bagi buah hatinya.

Terkena alergi
Jika wanita sedang terkena alergi karena sabun, lotion, hingga pakaian tertentu, maka bisa jadi payudaranya menjadi lebih keras, menegang, atau mengalami pembengkakan pada putingnya.