Berat Badan Normal Bukan Berarti Tidak Beresiko Terkena Diabetes

DokterSehat.Com – Sebagai salah satu penyakit yang sangat berbahaya dan mematikan, banyak masyarakat yang masih menganggap keliru tentang penyakit diabetes. Anggapan yang keliru ini adalah penyakit diabetes hanya akan mengenai mereka yang terkena masalah diabetes atau berat badan berlebihan. Padahal, pakar kesehatan menyebutkan jika satu dari lima orang yang memiliki berat badan ideal bisa saja terkena masalah diabetes. Hal ini berarti, siapapun, termasuk kita yang memiliki berat badan normal, haruslah mewaspadai penyakit ini.

doktersehat-diabetes-gula-penyakit

Pakar kesehatan dari University of Florida bernama Arch Mainous mengungkapkan fakta ini. Dari penelitian yang telah dilakukan, diketahui bahwa ada data yang sangat kuat dimana mereka yang memiliki berat badan normal ternyata juga masih beresiko tinggi terkena penyakit diabetes. Hal ini berarti, paradigma yang sebelumnya terbentuk di masyarakat dimana penyakit diabetes hanya akan mengenai mereka yang mengalami obesitas harus diubah.

Mereka yang memiliki berat badan yang normal bisa terkena masalah prediabetes, sebuah kondisi dimana kadar gula darah di dalam tubuh berada dalam level yang cukup tinggi, meskipun tidak setinggi yang dimiliki penyakit diabetes. Gaya hidup dan pola makan yang tidak sehat diyakini menjadi penyebab masalah kesehatan ini. Yang menjadi masalah adalah, karena memiliki berat badan yang normal, masalah ini kerap diabaikan begitu saja dan pada akhirnya memicu munculnya penyakit diabetes tipe 2.

Memang, dari sebuah survei, penderita penyakit diabetes biasanya yang berusia lebih dari 45 tahun. Namun, karena semakin banyaknya orang yang tidak menjaga gaya hidup sehat layaknya merokok, mengkonsumsi makanan cepat saji, hingga konsumsi minuman bersoda, maka kini mereka yang berusia lebih muda memiliki resiko besar terkena penyakit diabetes. Jadi, meskipun kita memiliki berat badan yang ideal, ada baiknya kita mewaspadai penyakit ini dan menerapkan gaya hidup sehat untuk mencegahnya.