Berat Badan Mempengaruhi Peluang Kehamilan

Doktersehat.com – Setiap pasangan pastilah menginginkan hadirnya seorang anak sebagai penerus keturunannya kelak. Bagi Anda yang ingin segera mendapatkan buah hati, ada baiknya mulai sekarang atur pola makan Anda. Berat badan yang tidak ideal ternyata dapat menjadi faktor penghambat Anda memiliki anak.



Menurut dr. Ivan bobot tubuh seseorang dapat mempengaruhi fungsi hormonal. Jika ingin cepat hamil sebaiknya jangan terlalu gemuk atau kurus. Berat badan yang ideal merupakan salah satu syarat jika ingin cepat memiliki momongan. Karena bobot tubuh yang ideal mengindikasikan kondisi tubuh yang sehat.

Kegemukan yang dialami wanita dapat menyebabkan keseimbangan hormon testosteronnya  terganggu,  tidak teraturnya siklus menstruasi, rambut tumbuh di daerah-daerah yang tidak seharusnya, juga dapat menyebabkan PCOS (Polycystic ovary syndrome, semua ini dapat mengganggu kesuburan wanita.

Masalah pada pria yang mengalami kegemukan adalah meningkatnya temperatur di selangkangan yang akan berpengaruh terhadap suhu testikel yang memproduksi sperma. Hal ini menyebabkan pria yang kelebihan lemak buah zakarnya akan memproduksi sedikit sperma atau sperma dengan kualitas yang buruk.

Selain kelebihan lemak, ternyata terlalu kurus juga dapat mempersulit pasangan untuk mendapatkan momongan. Siklus menstruasi akan terganggu akibat tubuh yang terlalu kurus. Akibatnya hormon akan terganggu pula dan mempengaruhi peluang kehamilan wanita. Dr. Ivan menjelaskan bahwa siklus haid (yang teratur) memerlukan tubuh yang prima. Jadi tidak terlalu gemuk atau kurus.

Sumber: detik.com