Berat Badan Justru Naik Saat Puasa? Ini Penyebabnya

DokterSehat.Com– Karena kita tidak makan dan minum seharian dan cenderung menurunkan frekuensi makan dari 3 kali menjadi hanya 2 kali dalam sehari, maka logikanya berat badan kita seharusnya menurun di bulan Ramadhan ini. Namun, dalam realitanya, cukup banyak orang yang justru mengalami kenaikan berat badan saat bulan puasa. Kok bisa?

doktersehat-perut-gendut

Pakar kesehatan Mochamad Aldis Ruslialdi, SKM, CMWC, menyebutkan bahwa berpuasa seharusnya menjadi waktu yang tepat bagi kita untuk mengatur pola makan yang lebih sehat mengingat kita harus pandai-pandai mengelola energi agar tetap bisa bugar di siang hari meskipun tidak makan dan minum dalam waktu yang lama. Sayangnya, kebanyakan orang justru melakukan hal yang sebaliknya. Karena tidak makan dan minum seharian, mereka mengkonsumsi makanan dengan berlebihan sehingga justru akan menaikkan berat badannya.

Banyak dari kita yang ternyata masih menggunakan cara balas dendam saat berbuka puasa. Karena perut merasa sangat haus dan lapar, kita pun makan dengan kalap. Tak hanya porsi berbuka yang sangat banyak, kita juga masih mengkonsumsi berbagai camilan yang tidak sehat lainnya layaknya kue atau gorengan dan masih ditambah dengan kebiasaan mengkonsumsi minuman yang manis.

Karena waktu makan kita berpindah ke malam hari, kita juga melupakan aturan yang menyebutkan bahwa ada baiknya kita memberikan jeda 2 jam antara waktu makan dan tidur. Kita tetap saja asyik mengkonsumsi makanan atau camilan lainnya sebelum tidur sehingga akhirnya berimbas pada meningkatnya berat badan. Tak hanya itu, kebanyakan orang yang berpuasa juga melupakan pentingnya berolahraga. Pakar kesehatan sendiri sebenarnya menyarankan kita untuk berolahraga ringan sebelum berbuka puasa atau melakukannya setelah berbuka puasa. Hanya saja, karena kita malas atau terlalu sibuk mempersiapkan waktu berbuka, maka selama bulan puasa kita justru sama sekali tidak banyak melakukan aktifitas fisik. Karena alasan inilah kita bisa menaikkan berat badan di bulan puasa.