Normalkah Berat Badan Ibu yang Tak Naik saat Hamil?

doktersehat-timbangan-berat-badan-diet

DokterSehat.Com– Membicarakan berat badan pada wanita memang menjadi hal yang cukup sensitif ya. Akan tetapi, hal ini harusnya menjadi tidak lagi dipusingkan saat hamil karena lazimnya kenaikan berat badan saat hamil adalah suatu keharusan.

Lantas, jika ibu hamil tidak naik berat badannya selama kehamilan, apakah hal tersebut aman dan apa yang harus dilakukan?

Pentingnya memantau berat badan ibu yang harus meningkat selama kehamilan

Selama kehamilan, ibu hamil harus mengusahakan agar berat badannya semakin naik dari trimester awal hingga jelang persalinan. Mengapa hal ini menjadi penting? Ada beberapa alasan yaitu:

1. Berat badan yang naik menunjukkan berat janin yang meningkat pula

Berat badan ibu yang semakin naik dari awal hingga akhir kehamilan menunjukkan bahwa janin dalam rahim juga semakin tumbuh dan berkembang dengan optimal.

Semakin besar usia janin maka tentu perkembangan volume dan besar tubuh janin akan semakin besar sehingga akan memengaruhi berat badan ibu.

Secara tidak langsung, berat badan ibu hamil yang meningkat menunjukkan kondisi tumbuh kembang janin yang maksimal.

2. Memastikan tercukupinya asupan dan cadangan gizi ibu selama kehamilan, persalinan dan persiapan menyusui

Berat badan ibu yang naik akan menunjukkan kondisi kesehatan asupan gizi yang juga baik bagi ibu selama kehamilan.

Cadangan energi, berupa lemak, yang ada dalam tubuh ibu hamil merupakan cadangan gizi penting guna mendukung penggantian energi yang digunakan selama kehamilan, mengganti energi saat melahirkan dan memberikan asupan gizi untuk persiapan awal menyusui.

Dua hal di atas menjadi poin penting yang mendasari mengapa ibu hamil harus mengusahkan kenaikkan berat badan saat hamil.

Akan tetapi, tak dapat dipungkiri bahwa pada beberapa kondisi, peningkatan berat badan ibu selama kehamilan menjadi sulit untuk terjadi.

Kira-kira apakah hal tersebut normal terjadi dan apa yang harus dilakukan ibu hamil jika berat badan selama kehamilan tak kunjung naik?

Beberapa hal yang bisa memengaruhi berat badan ibu tak naik selama hamil

Ibu hamil yang berat badannya tak kunjung naik saat hamil bisa dipangaruhi oleh beberapa hal dibawah ini:

1. Kondisi kelebihan berat badan atau obesitas

Berat badan yang berlebihan pada ibu hamil bisa jadi memengaruhi kondisi peningkatan berat badan. Lalu, haruskah ibu hamil dengan berat badan berlebih melakukan diet?

Berbagai asosiasi kesehatan dan para ahli gizi tidak menganjurkan ibu hamil untuk melakukan diet penurunan berat badan sama sekali.

Meskipun pada kondisi obesitas, berat badan tetap dianjurkan untuk naik, akan tetapi dengan peningkatan yang sangat terbatas. Diet bisa dilakukan dengan memilih makanan yang padat gizi namun rendah lemak dan kalori kosong agar kecukupan gizi ibu tetap terpenuhi.

2. Ibu hamil mengalami kekurangan energi kronis atau sangat kurus

Kurang energi kronis atau sangat kurus membuat ibu hamil kesulitan meningkatkan berat badan karena asupan energi sulit untuk disimpan karena langsung dimanfaatkan untuk tumbuh kembang janin.

doktersehat-berat-turun-diet

Pada kondisi ini ibu hamil harus meningkatkan asupan gizinya dengan makanan tinggi kalori dan padat gizi. Kondisi ibu hamil yang kurus tanpa adanya kesadaran untuk penanganan peningkatan berat badan berisiko pada kesehatan janin saat lahir, misalnya bayi lahir dengan berat badan lahir rendah.

3. Adanya gangguan kesehatan akibat penyakit atau reaksi gejala hamil yang berlebihan

Ada cukup banyak kondisi penyakit yang menyebabkan berat badan ibu hamil sulit meningkat berat badannya, gangguan pencernaan, hiper atau hipotiroid, hingga terjadinya reaksi mual muntah yang parah sehingga ibu hamil kehilangan cadangan energinya.

doktesehat mual saat puasa

Pada kondisi ini ibu hamil sebaiknya berkonsultasi dengan dokter dan ahli gizi untuk mendapatkan jenis diet yang tepat dan aman.