Berat Badan Berlebihan Menyebabkan Sulit Hamil?

DokterSehat.Com – Kehamilan menjadi keinginan hampir setiap wanita yang sudah menikah. Sayangnya terkadang jalan menjadi kehamilan tidak selalu mulus. Berbagai hambatan bisa menghalangi datangnya kehamilan. Ada pasangan-pasangan yang harus menanti berbulan-bulan bahkan hingga bertahun-tahun. Penantian seperti ini jelas bukan masa-masa yang menyenangkan.



Pasangan-pasangan yang sedang menanti kerap merasa gelisah. Bertanya-tanya dalam hati. Mencari-cari berbagai penyebab atas kondisi ini. Berbagai hal dicurigai sebagai penyebab. Salah satunya adalah berat badan yang berlebih.

Wanita-wanita yang memiliki berat di atas rata-rata normal dan belum memiliki anak kerap merasa cemas dan bertanya-tanya apakah tidak bisa hamil karena berat badan berlebih. Sesungguhnya tidak hadirnya seorang anak adalah kondisi yang sangat kompleks. Begitu banyak hal yang bisa menyebabkan tertundanya kehamilan. Hingga agak sulit untuk menunjuk kelebihan berat badan sebagai penyebab belum datangnya kehamilan.

Walaupun memang kegemukan punya pengaruh pada kesuburan wanita. Karena metabolisme hormon esterogen pada wanita sangat dipengaruhi oleh metabolisme lemak. Hingga pada wanita yang kelebihan berat metabolisme esterogen akan mengalami gangguan. Akibatnya bisa terjadi penebalan pada indung telur dan indung telur tidak bisa mengeluarkan telur pada masa ovulasi. Inilah jawaban dari pertanyaan apakah wanita tidak bisa hamil karena berat badan berlebih.

Terlebih lagi tidak bisa dipungkiri kalau kelebihan berat badan tentu akan mengganggu kesehatan tubuh secara keseluruhan. Apalagi bila terlalu banyak kelebihan berat badan. Saat tubuh sukar bergerak dengan bebas. Dan beban kerja berbagai organ dalam tubuh menjadi lebih berat.

Kehamilan memang membutuhkan kondisi fisik yang prima. Tapi wanita yang gemuk tentu tak boleh berputus asa gara-gara ada pandangan tidak bisa hamil karena berat badan berlebih. Masih banyak cara untuk mengusahakan kehamilan. Menurunkan berat badan pun bukan sesuatu yang sulit bila didukung dengan niat dan tekad yang kuat. Mengurangi asupan makanan berlemak, gula dan garam serta olahraga secara teratur pasti bisa mengurangi kelebihan berat badan. Kalau berat badan sudah turun, tentu tak perlu cemas lagi. Kehamilan bisa datang setiap saat.