Berat Badan Belum Tentu Turun Meskipun Kita Menjadi Vegetarian

DokterSehat.Com – Banyak orang yang beranggapan jika dengan menjadi vegetarian, maka mereka akan memiliki kesempatan lebih baik untuk membuat berat badannya menjadi lebih ideal. Memang, banyak orang yang mendapatkan kesehatan tubuh yang lebih baik dengan menjadi vegetarian, namun, jika kita mengharapkan tubuh kita menjadi langsing karena menghindari berbagai asupan layaknya daging-dagingan atau produk hewan lainnya, maka kita akan merasa kecewa. Menjadi vegetarian ternyata belum tentu mempengaruhi penurunan berat badan secara signifikan.

doktersehat-sayuran-olahraga

Katherine Zeratsky, seorang pakar gizi dari Amerika Serikat menyebutkan jika vegetarian adalah sebuah gaya hidup, dan seharusnya bukan menjadi semacam tips diet penurunan berat badan. Memang, banyak penelitian yang menunjukkan fakta jika mereka yang memiliki gaya hidup vegetarian akan cenderung memiliki berat badan yang ideal. Namun, pakar kesehatan meyakini jika meskipun seseorang menjadi vegetarian, belum tentu kadar kalori yang dikonsumsi dalam sehari cukup rendah.

Secara umum, konsumsi para vegetarian yang hanya mengkonsumsi makanan sayuran, buah-buahan, atau biji-bijian dan menghindari produk makanan yang kaya lemak tak jenuh bisa membuat berat badan menjadi lebih ideal. Namun, banyak pula ditemukan para vegetarian yang menyukai asupan snack atau bahkan makanan manis yang tentu akan tetap berimbas pada berat badan yang tidak ideal. Dalam beberapa kasus, penganut vegetarian juga banyak mengkonsumsi makanan dengan porsi yang besar sehingga asupan karbohidratnya pun akan sangat berlebihan.

Zeratsky sendiri berkata jika seseorang ingin mendapatkan berat badan yang ideal, maka yang harus Ia perhatikan justru adalah pola makan yang seimbang, dimana kalori yang diserap harusnya seimbang dengan yang nantinya ikut terbakar, bukan menjadi seorang vegetarian tanpa mendapatkan informasi yang cukup. Pastikan pula agar berbagai nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh akan tetap terpenuhi sehingga kesehatan tubuh pun tetap terjaga dengan baik.