Berapakah Batas Normal Usia Anak Memakai Pampers?

DokterSehat.Com – Baby Diapers atau yang lebih akrab ditelinga kita adalah pampers, sepertinya memberikan kemudahan bagi orang tua yang memiliki anak bayi dan balita. Namun hal ini akan menjadi masalah ketika anak sudah mulai tumbuh besar, namun masih tetap menggunakan pampers. Salah satunya adalah ukuran pampers yang memang terbatas dan juga bagaimana biaya yang akan ditimbulkan menjadi lebih besar.

14

Baby Diapers atau Pampers menjadi masalah disaat anak tidak bisa berhenti menggunakan atau ketergantungan terhadap pampers hingga usia semakin besar. Bahkan dalam sedikit kasus ada yang hingga memasuki usia Sekolah Dasar, Tentunya hal ini akan sangat merepotkan bukan? Ketakutanpun timbul, banyak hal dipertanyakan orang tua. Apakah hal ini bisa mengganggu kesehatan anak?

Pampers atau Baby Diapers, dari berbagai sumber mengatakan bahwa secara normal anak kita untuk penggunaannya hanya hingga usia 20 bulan. Namun hal ini sungguh jauh berbeda penerapannya pada setiap anak. Hal ini memang wajar karena tingkat nalar dan kontrol emosi setiap anak berbeda-beda. Secara pengalaman banyak kami temui bahwa secara normal lepasnya anak terhadap ketergantungan Pampers masuk pada usia 18 bulan hingga 26 bulan. Pada rentang usia ini, anak akan merasa tidak nyaman bila telah buang, akhirnya nalarnya berjalan. Hingga pada akhirnya juga akan selalu meminta kekamar mandi bila akan buang air.

Namun kejadian normal tidak semua anak bisa melakukannya. Maka dalam hal ini dibutuhkan pelatihan agar anak menjadi terbiasa untuk selalu mengontrol emosinya bila akan buang air. Mungkin tidak ada salahnya jika orang tua sedang libur, jangan dipasangkan pampers. Pelatihan ini biasanya umum dilakukan pada usia anak sejak 15 bulan hingga 24 bulan. Inilah peran aktif orang tua diperlukan. Bimbingan juga harus diberikan, selalu berikan petunjuk bila ingin buang air bilang sama papa mama ya. Ada juga sebagian orang tua yang memberikan jam-jam untuk buang air, pola ini sebenarnya bisa terlihat, hingga akhirnya orang tua hafal waktu-waktu anak dari emosi dan mimik wajahnya jika akan buang air.

Baca Juga:  Pertolongan Pertama pada Kecelakaan bagi Si Kecil

Jadi bila ada yang bertanya berapa sih usia normal anak menggunakan pampers? Jawaban akan bervariasi. Secara normal ya hingga usia 20 bulan. Namun secara pengalaman akan berbeda pada setiap anak. Peran aktif orang tua lebih diperlukan.