Berapa Lamakah Sikat Gigi Boleh Kita Gunakan?

DokterSehat.Com – Banyak orang yang berpikir jika asalkan sikat gigi masih berbentuk baik dan belum mengalami kerontokan pada bulu sikatnya, maka sikat gigi ini masih bisa dipakai untuk membersihkan gigi secara rutin. Hal ini ternyata sangat tidak bagi bagi kesehatan gigi dan mulut karena meskipun terlihat masih dalam kondisi bagus, gigi pun akan tidak terbersihkan dengan sempurna sehingga semakin beresiko mendapatkan masalah gigi dan mulut. Pakar kesehatan sendiri menyebutkan bahwa waktu paling lama untuk menggunakan sikat gigi adalah tiga bulan saja dan setelah itu, kita harus menggantinya dengan yang baru.

doktersehat-pasta-gigi-bahan-alami

Mengapa hanya tiga bulan saja? Pakar kesehatan menyebutkan jika waktu ini adalah yang paling ideal untuk mencegah bakteri yang dulu telah dibersihkan akan kembali ke dalam mulut dan membuat berbagai masalah kesehatan pada gigi dan mulut. Bakteri yang berjumlah sangat banyak ternyata bisa menyebabkan semakin bertambahnya plak pada permukaan gigi sehingga bisa membuat karang gigi yang tentu saja akan membuat masalah yang jauh lebih besar pada gigi.

Sikat gigi yang sudah terlalu lama dipakai untuk membersihkan gigi tentu akan cenderung berbentuk lebih melebar sehingga tidak akan lagi mampu membersihkan gigi sebaik saat masih baru saja dibeli. Dengan bentuk bulu sikat gigi yang jauh lebih melebar, pembersihan gigi dari sisa makanan dan plak pun semakin tidak maksimal, khususnya yang berada pada garis gusi dan gigi. Jika area tersebut tidak bersih, maka peradangan dan iritasi pada gusi juga akan semakin mudah muncul.

Pakar kesehatan sendiri menyebutkan jika masalah iritasi atau peradangan pada gusi bisa membuat rasa nyeri yang selain bisa dirasakan pada gigi dan mulut, juga bisa dirasakan hingga kepala. Dalam beberapa kasus, radang pada gusi ternyata bisa memicu pendarahan gusi dan bau mulut kronis. Untuk menghindari masalah ini berkembang menjadi lebih besar, ada baiknya kita pun menuruti saran pakar kesehatan untuk segera mengganti sikat gigi setelah digunakan selama tiga bulan dan tetap rajin membersihkan gigi setidaknya setelah makan dan juga sebelum tidur.